Kadin: Jangan Anggap Enteng Penularan Penyakit Mulut dan Kuku di Hewan Ternak

  • 24 Mei 2022 19:08:03
  • Views: 4

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengingatkan agar Pemerintah dan masyarakat tetap mewaspadai risiko penularan penyakit mulut dan kaki (PMK) yang menyerang hewan ternak

Wakil Ketua Umum Bidang Pertanian Kadin Indonesia Arif P Rachmat mengatakan, virus ini menyebabkan penyakit sangat menular dengan menyerang sapi, kerbau, domba, dan kambing. 

Penyakit mulut dan kuku ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Semua pemangku kepentingan bisa melakukan langkah mitigasi agar wabah ini dapat dihentikan, ujarnya dalam webinar Mitigasi Lalu Lintas Ternak dan Pelaksanaan Kurban di Tengah Wabah PMK, Selasa (24/5/2022). 

Arif menjelaskan, PMK yang berawal di Mojokerto, Gresik, Sidoarjo, Lamongan, dan Aceh kini terus menyebar hingga menjangkiti belasan ribu ekor. 

Baca juga: Kabar Baik, Penyakit Mulut dan Kaki Hewan Bisa Sembuh dan Ada Vaksinnya

Terbaru ditemukan di 52 kabupaten/kota di 15 provinsi dengan jumlah ternak 13.965 ekor, katanya. 

Dia menambahkan, domba dan kambing rentan terkena PMK, sehingga pemangku kepentingan perlu membuat langkah konkret dan strategi tepat. 

Baca juga: Peternak di Gresik Beri Ramuan Khusus Agar Sapi Sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku

Harus memetakan langkah isolasi dan distribusi. Ini harus jadi perhatian pemerintah dan pelaku usaha jelang Hari Raya Idul Adha karena akan meningkat kebutuhan terhadap ini, dan kami terima kasih kepada Kementerian Pertanian terkait penataan aktivitas hewan rentan PMK, ujarnya.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/24/kadin-jangan-anggap-enteng-penularan-penyakit-mulut-dan-kuku-di-hewan-ternak

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/24/kadin-jangan-anggap-enteng-penularan-penyakit-mulut-dan-kuku-di-hewan-ternak
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Kadin,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
nations Indonesia,
places Aceh, DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Gresik, Lamongan, Mojokerto, Sidoarjo,
animals Domba, Kambing, Sapi,