Cegah Kecurangan di SEA Games, KOI Siap Hadirkan Wasit Indonesia

  • 24 Mei 2022 19:04:43
  • Views: 5

TEMPO.CO, Jakarta - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyatakan kesiapan untuk memperbanyak kehadiran wasit dan juri asal Indonesia di SEA Games. Secara khusus, KOI bersedia membantu menghadirkan wasit asal Indonesia di cabang-cabang olahraga tak terukur sebagai respons atas hasil buruk beberapa cabang olahraga bela diri pada SEA Games Vietnam 2021.

Sekretaris Jenderal KOI Ferry J Kono menyatakan komite akan memfasilitasi jika ada juri maupun wasit yang layak menjadi pengadil lapangan pada ajang multicabang olahraga seperti SEA Games.

Jika ada juri atau wasit asal Indonesia yang bisa, kami siap memfasilitasi, seperti penginapan hingga tiket pesawatnya, kata Ferry yang merupakan Chef de Misson (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2021, di Hanoi, Selasa, 24 Mei 2022.

Menurut dia, upaya tersebut merupakan salah satu cara untuk menjaga agar pertandingan yang melibatkan atlet Indonesia dapat berjalan dengan sportif. Melalui upaya ini kami harapkan persoalan nonteknis di arena pertandingan tidak terjadi lagi, tutur Ferry.

Sebelumnya, sejumlah cabang olahraga bela diri mengeluhkan dugaan keberpihakan wasit pada atlet tuan rumah Vietnam. Atlet-atlet Indonesia yang seharusnya mendapatkan medali harus tersingkir pada laga semifinal bahkan di partai puncak. Salah satunya ialah yang terjadi di cabang olahraga pencak silat, judo, dan karate.

Pelatih Kepala Judo Siti Aminah mengatakan timnya sangat merasakan keberpihakan juri pada nomor Men’s Kodokan Goshin Jutsu atau seni berpasangan putra.

Kegagalan pasangan judo Indonesia yang diperkuat Endro dan Kevin Sanadi Aprilion terbilang mengejutkan. Sebab, jika dilihat dari rekaman tayangan langsung di kanal YouTube keduanya tidak membuat kesalahan.

Gerakan yang diperagakan nyaris sempurna. Bahkan sejumlah komentar dari guru besar judo dari Jepang menyebutkan keduanya layak memperoleh emas pada ajang bergengsi negara-negara Asia Tenggara itu.

Meski demikian hasilnya mengejutkan. Pasangan ini hanya mengemas 479 poin atau peringkat dua terbawah dari total lima peserta di grup A.

Angka yang diperoleh Endro/Kevin berselisih jauh dengan wakil tuan rumah Tran Quoc Cuong/Phan Minh Hanh yang mengumpulkan 534,5 yang sekaligus menjadi pemuncak grup A. Hasil serupa juga terjadi pada wakil tuan rumah Vietnam lainnya di grup B yakni Nguyen Cuong Thinh/Ha Minh Duc. Mereka meraih angka tertinggi 531 poin.

Hasil pertandingan pun menempatkan dua wakil Vietnam ini menjadi peraih medali emas dan perak. Sedangkan medali perunggu diraih pasangan Laos, Chansy Viengvilay/Syvanvilay Chindavone yang mengumpulkan 526,5 poin.

Jelas sedih sekali atletnya, padahal jika dilihat tayangan ulang kanal Youtube malah pasangan Indonesia sama sekali tidak membuat kesalahan, ujar Siti Aminah mengenai hasil Judo di SEA Games Vietnam.

Baca: Sukses di SEA Games Vietnam, Apriyani Rahayu / Siti Fadia Diberi Target Baru


https://sport.tempo.co/read/1594741/cegah-kecurangan-di-sea-games-koi-siap-hadirkan-wasit-indonesia

Sumber: https://sport.tempo.co/read/1594741/cegah-kecurangan-di-sea-games-koi-siap-hadirkan-wasit-indonesia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muhammad,
companies ADA, YouTube,
ministries BIN, KOI,
events Olimpiade, SEA Games,
products emas,
nations Indonesia, Jepang, Laos, Malaysia, Vietnam,
places DKI Jakarta,
cities Hanoi,