Sri Mulyani Beberkan 3 Ancaman Besar yang Dihadapi Dunia, Apa Saja?

  • 24 Mei 2022 18:03:22
  • Views: 3

TEMPO.CO, JakartaMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan sedikitnya ada tiga ancaman besar yang tengah dihadapi dunia saat ini. Tiga ancaman itu mulai dari perubahan iklim, normalisasi kebijakan moneter, hingga pengetatan likuiditas.

“Saat ini kita dihadapkan dengan dinamika global yang sangat nyata, ujar Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta, Selasa, 24 Mei 2022.

Ia lalu mencontohkan normalisasi kebijakan keuangan terutama di bidang moneter yang dilakukan untuk merespons kenaikan inflasi akibat kenaikan harga komoditas. Normalisasi kebijakan moneter dan pengetatan likuiditas ini yang kemudian memicu disrupsi di seluruh dunia termasuk Indonesia.

“Disrupsi rantai pasok yang muncul akibat meningkatnya geopolitik menjadi perhatian dan harus kita waspadai, kata Sri Mulyani.

Selain itu, konflik antara Rusia dan Ukraina ikut memperparah situasi geopolitik dunia saat ini, yang pada akhirnya menimbulkan ancaman krisis mulai dari energi, pangan, sampai keuangan. Bahkan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah membentuk sebuah grup untuk mengantisipasi tiga potensi krisis dunia yaitu energi, pangan, dan keuangan.

Oleh karena itu, menurut bendahara negara ini, Indonesia harus mampu merespons secara tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat aksi terhadap berbagai potensi ancaman dunia.


https://bisnis.tempo.co/read/1594728/sri-mulyani-beberkan-3-ancaman-besar-yang-dihadapi-dunia-apa-saja

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1594728/sri-mulyani-beberkan-3-ancaman-besar-yang-dihadapi-dunia-apa-saja
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati,
companies ADA,
ministries DPR RI,
topics APBN,
fasums Kompleks Parlemen Senayan,
nations Indonesia, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities Senayan,