Menhub Akan Siapkan 10 Rest Area Tambahan di Sejumlah Tol Jalur Mudik

  • 24 Mei 2022 17:06:51
  • Views: 16

IDXChannel - Kementerian Perhubungan akan menyediakan infrastuktur tambahan di sejumlah ruas tol jalur mudik khususnya di Kawasan Cipularang Jawa Barat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, berdasarkan arahan Presiden Jokowi setidaknya 10 Rest area yang akan disiapkan pemerintah bersama developer dan sejumlah kementerian dan lembaga untuk mengurai kemacetan di jalur utama mudik. 

“Jadi tadi Pak Presiden juga mencatat itu bagian-bagian yang harus di evaluasi, ada sekitar paling tidak kami akan minta 10 rest area dengan kualifikasi kuantitas dan kualitas yang lebih baik dari tempat rest area yang sekarang, kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam Ratas Presiden di kawasan Istana Negara, Selasa (24/5/2022). 

Adapun fungsi-fungsi dari rest area tersebut memang untuk jangka pendek memang tidak memberikan return, maka pihaknya akan bekerja sama dengan pihak Kementerian PUPR.

“Katakan kalau sekarang itu inlet dan outlet itu tidak dengan suatu alur yang baik kita harus perbaiki, ungkapnya.

“Kami usul ke Pak Basuki (PUPR) agar itu menjadi land bank. Kalau developer tidak mau kita bisa berikan pada swasta untuk investasi disitu kalau 10 hektar 10 titik itu 1 jumlah 100 ha yang sudah banyak dan itu sangat menolong masyarakat untuk istirahat, ujarnya.

Sebagai catatan, Menhub mengatakan terdapat satu penggal jalan dari KM 70 sampai 140 hingga 180 yang harus dibuat menjadi tiga jalur.

“Sekarang dari arah Semarang sudah 3 jalur dari Jakarta akan jadi tiga jalur sehingga kapasitas mereka yang mudik akan menjadi 6 jalur yang relatif sama dengan sebelumnya, pungkasnya. 

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/menhub-akan-siapkan-10-rest-area-tambahan-di-sejumlah-tol-jalur-mudik

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/menhub-akan-siapkan-10-rest-area-tambahan-di-sejumlah-tol-jalur-mudik
Tokoh





Graph

Extracted

persons Budi Karya Sumadi, joko widodo,
companies ADA, MNC,
ministries Kemenhub, Kementerian Perhubungan,
topics Mudik,
fasums Istana Negara, SPBU,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Semarang,
cases Kemacetan,