BMKG Ungkap Penyebab Hujan Es di Kota Bandung

  • 24 Mei 2022 16:57:56
  • Views: 5

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Fenomena hujan es kembali terjadi di Kota Bandung pada Senin, 23 Mei 2022, sekitar pukul 15:40 WIB. Hujan yang diiringi es berukuran sekira 1-2 cm tersebut berlangsung cukup singkat sekitar 10 menit. 

 

Berdasarkan keterangan resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, fenomena hujan es tersebut diakibatkan oleh oleh pertumbuhan awan Cb (Kumulonimbus) lokal yang terjadi sekitar pukul 15:40 WIB.

 

 Awan Cb tersebut, terjadi karena kondisi atmosfer lokal yang tidak stabil dan tingkat 

kelembapan yang tinggi sehingga mendukung tejadiya pertumbuhan awan Cb yang mencapai troposfer, ujar keterangan resmi BMKG Kota Bandung yang dikutip pada Selasa, 24 Mei 2022.

 

 

Berdasarkan keterangan, fenomena hujan es tersebut berawal ketika awan Cb dengan tinggi awan melebihi titik beku, sehingga air hujan akan turun menjadi butiran es yang cukup besar dan disertai petir dan angin. 

 

Fenomena hujan es berukuran sekira 1-2 cm kembali terjadi di Kota Bandung pada Senin, 23 Mei 2022, sekitar pukul 1540 WIB. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

 

Data satelit Himawari menunjukan bahwa antara pukul 15:30 hingga 15:40 WIB terjadi pertumbuhan awan Cb secara lokal di sekitar pusat kota Bandung. Image satelit memperlihatkan awan Cb tersebut bergerak ke arah Tenggara Kota Bandung menuju wilayah Kabupaten Bandung, lanjutnya. 

 

 

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, hujan es terjadi di wilayah pusat Kota Bandung salah satunya di Balai Kota Bandung. 

 

Hujan turun cukup deras disertai Butiran es tampak berlangsung selama 10 menit. Selain itu, fenomena hujan es ini terjadi diiringi angin yang cukup kencang. [*]

https://www.ayobandung.com/bandung-raya/pr-793457722/bmkg-ungkap-penyebab-hujan-es-di-kota-bandung

Sumber: https://www.ayobandung.com/bandung-raya/pr-793457722/bmkg-ungkap-penyebab-hujan-es-di-kota-bandung
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BMKG,
religions Islam,
places JAWA BARAT,
cities bandung,