Faktor Pengaruhi Permintaan dan Penawaran Dalam Bisnis

  • 24 Mei 2022 16:47:21
  • Views: 7

AKURAT.CO Pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan tentunya bergantung dari permintaan penawaran yang menjadi faktor utama. Permintaan pasar menyebabkan ekonomi menggeliat, begitu juga dengan penawaran produk yang dilakukan oleh produsen kepada konsumen.

Meski demikian, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi suatu permintaan dan penawaran, sehingga akhirnya membentuk kurva. Sebelum mengetahui faktornya maka kamu harus mengetahui pengertian dari kedua istilah bisnis tersebut, seperti dirangkum, Selasa (24/5/2022).

1. Permintaan

baca juga:

Dalam hukum permintaan menyatakan bahwa semua faktor lain tetap sama, semakin tinggi harga barang, maka semakin sedikit orang yang akan meminta barang tersebut. Sederhananya semakin tinggi harga, semakin rendah jumlah produk yang diminta.

Sementara itu, kurva permintaan adalah suatu kurva yang menggambarkan adanya hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta. Kurva permintaan memiliki landasan dari hukum permintaan yang berbunyi: Apabila harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang diminta menurun, begitu pula sebaliknya.

2. Penawaran 

Dalam ilmu ekonomi penawaran adalah gambaran tentang jumlah total arang atau jasa tertentu yang tersedia untuk konsumen. Hukum utama dalam penawaran adalah jika harga naik, maka produsen akan menaikan penawaran untuk memberikan peluang yang lebih tinggi untuk dapat keuntungan maksimal.

6 Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran

Terdapat 6 faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, diantaranya adalah:


https://akurat.co/faktor-pengaruhi-permintaan-dan-penawaran-dalam-bisnis

Sumber: https://akurat.co/faktor-pengaruhi-permintaan-dan-penawaran-dalam-bisnis
Tokoh

Graph

Extracted