Meski Ekspor Migor Dibuka, Mentan Prediksi Harga TBS Masih Tertekan

  • 24 Mei 2022 16:51:54
  • Views: 27

JawaPos.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan, pelarangan ekspor minyak goreng dan bahan baku turunannya membuat harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani turun hingga 50 persen. Adapun, saat ini larangan ekspor sendiri sudah dicabut. Meski ekspor sudah dibuka, Mentan memprediksi bahwa tekanan terhadap harga TBS masih akan terus berlangsung.

“Seperti disampaikan Bapak Presiden pada 23 Mei 2022, ekspor CPO ke luar negeri akan dibuka kembali. Namun, dampak pelarangan ekspor CPO diperkirakan masih akan berpengaruh terhadap harga TBS petani untuk beberapa waktu ke depan, ungkapnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI, Senin (23/5).

Untuk diketahui, keputusan ini diambil salah satu alasannya karena harga CPO mengalami penurunan. Di sisi lain, ini merupakan langkah untuk memberikan kesejahteraan terhadap industri kelapa sawit.

Dalam paparannya, dampak larangan ekspor CPO telah membuat harga TBS menurun drastis. Penurunan hingga 58,87 persen, yakni dari Rp 3.814 per kilogram atau menjadi Rp 1.569 per kilogram.

Upaya yang dilakukan Kementan selama larangan ekspor CPO yang diterapkan pihaknya sebulan terakhir ini adalah mendukung dan mendorong pencabutan larangan ekspor CPO dan turunannya. Kemudian, melakukan gerakan pembelian TBS perkebunan dengan harga wajar oleh PKS.

Ketiga, mendorong gubernur sentra kelapa sawit untuk menindaklanjuti surat Plt. Direktur Jenderal Perkebunan Nomor 168 Tahun 2022 tentang Harga TBS pekebun pasca Permendag 22 Tahun 2022.

Kemudian, ada juga upaya sementara dan agenda permanen di mana salah satu upaya itu untuk meningkatkan produksi petani sawit. Dia mengatakan, selain upaya tersebut, kebijakan lain yang tujuannya untuk melindungi harga TBS pada petani kelapa sawit juga dilakukan.

“Kami juga mendorong Gubernur untuk berperan serta membantu petani kelapa sawit dalam upaya mengantisipasi penurunan harga TBS, pungkas Mentan SYL.


https://www.jawapos.com/ekonomi/24/05/2022/meski-ekspor-migor-dibuka-mentan-prediksi-harga-tbs-masih-tertekan/

Sumber: https://www.jawapos.com/ekonomi/24/05/2022/meski-ekspor-migor-dibuka-mentan-prediksi-harga-tbs-masih-tertekan/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Syahrul Yasin Limpo,
companies ADA,
ministries DPR RI, Kementan,
parties PKS,
topics ekspor,
products CPO,