Kenapa Moeldoko Yakin COVID di RI Selesai Tahun Ini, Begini Alasannya

  • 24 Mei 2022 16:29:39
  • Views: 10

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko yakin pandemi COVID-19 di Indonesia selesai tahun ini. Ada alasan kuat yang melatarbelakangi Moeldoko optimistis dengan hal tersebut.

Menurutnya, saat ini Indonesia sudah masuk dalam masa transisi pasca pandemi. Baginya, ini adalah kerja keras semua elemen masyarakat.

Kita optimistis pandemi COVID-19 dapat berakhir di tahun ini. Dengan demikian, ke depan kita bisa semakin fokus pada pemulihan ekonomi, kata Moeldoko dalam keterangan resmi KSP, Selasa (24/5/2022).

1. Buah kerja sama masyarakat Indonesia

KenapaIlustrasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Moeldoko bilang, capaian Indonesia memasuki masa transisi pasca-pandemi adalah hasil kerja keras seluruh elemen masyarakat. Semboyan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh disebutkan telah membangkitkan kerja sama masyarakat di dalam penanganan COVID-19. Mulai dari dokter, tenaga kesehatan, anggota TNI/Polri, Satgas pusat sampai tingkat RT/RW.

“Semboyan Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh adalah representasi semangat dan jiwa masyarakat Indonesia. Termasuk para ibu yang harus jungkir balik mengatur ekonomi rumah tangga dan mengajar anak di rumah, katanya.

Baca Juga: Belum Endemi, Wamenkes Ungkap Status COVID-19 di Indonesia Saat Ini

2. Indonesia ada di masa transisi

KenapaKepala Staf Presiden Moeldoko (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, perubahan status pandemi Covid-19 menjadi endemi akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo selaku Kepala Negara.

Transisi pandemi ke endemi itu yang memutuskan di level kepala negara yaitu Pak Presiden, kata Budi di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 23 April.

Budi memastikan, Jokowi tetap akan mempertimbangkan masukan dari World Health Organization (WHO) sebelum memutuskan perubahan status pandemi menjadi endemi.

Baca Juga: KSP: Pemerintah Tak Buru-buru Buat Status Endemi COVID-19

3. Syarat Indonesia masuk fase endemi

Kenapailustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengungkapkan, Indonesia saat ini belum masuk fase endemi, namun dengan status terkendali. Artinya, sejumlah pelonggaran yang dilakukan belum mengubah status pandemi ke endemi.

Dante menerangkan, ada beberapa tahapan untuk masuk ke transisi endemi. Pandemik sendiri terbagi menjadi lima tahapan yaitu pandemi, deselerasi, terkendali, eliminasi dan eradikasi.

Saat ini kita masuk pada periode terkendali, jadi kita tidak bisa bilang saat ini dalam fase endemi, tetapi pandemi terkendali, ujar Dante dalam Rapat Kerja Komisi IX dipantau YouTube Komisi IX, Senin (23/5/2022).

Dante mengatakan salah satu parameter Indonesia memasuki fase aman dari Covid-19 ditandai dengan effective reproduction number (Rt) kurang dari 1 selama lebih dari enam bulan.

Rt adalah angka penambahan kasus yang terjadi di lapangan setelah mendapatkan berbagai intervensi dalam upaya pengendalian pandemi seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), vaksinasi Covid-19, maupun bentuk intervensi lainnya yang berlaku di Indonesia.


https://www.idntimes.com/news/indonesia/rendra-saputra-2/kenapa-moeldoko-yakin-covid-di-ri-selesai-tahun-ini-begini-alasannya

Sumber: https://www.idntimes.com/news/indonesia/rendra-saputra-2/kenapa-moeldoko-yakin-covid-di-ri-selesai-tahun-ini-begini-alasannya
Tokoh











Graph

Extracted

persons Budi Gunadi Sadikin, Dante Saksono, joko widodo, Moeldoko, Muhammad,
companies ADA, Reuters, YouTube,
ministries TNI,
ngos WHO,
topics PPKM,
events vaksinasi,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,
musicclubs APRIL,