5 Fakta Banjir Rob Terjang Semarang, Akibat Perigee?

  • 24 Mei 2022 15:52:04
  • Views: 7

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:32 WIB

VIVA – Banjir rob terjadi di pelabuhan Tanjung Emas Semarang Utara, pada 23 Mei 2022. Banjir yang disebabkan akibat tanggul jebol ini mengakibatkan air meluap dan merendam jalan setinggi dada orang dewasa.

Banyak kendaraan yang terendam air dikarenakan air yang tiba-tiba datang sehingga warga tidak mengantisipasi kejadian tersebut. Dengan jebolnya tanggul penahan air laut tersebut, seluruh aktivitas warga sekitar dihentikan, demi mengantisipasi dampak banjir setinggi 1,5 meter ini.

Berikut VIVA telah merangkum dari berbagai sumber terkait 5 Fakta terjadinya Banjir di Tanjung Emas Semarang

1. Disebabkan air laut pasang dan gelombang tinggi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan air laut pasang atau gelombang tinggi yang menyebabkan banjir rob di sebagian wilayah pesisir utara Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sudah terjadi sejak 14 Mei 2022 lalu, dan masih berlangsung hingga kini.

Hal ini yang menyebabkan tanggul penahan air laut di kawasan Lamicitra Pelabuhan Tanjung Emas Semarang jebol. Tanggul tersebut jebol lantaran tidak kuat menahan besarnya debit dan derasnya arus rob dari laut.

2. Banjir merendam 8 titik


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1478095-5-fakta-terjadinya-banjir-rob-di-tanjung-emas-semarang?headline=1

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1478095-5-fakta-terjadinya-banjir-rob-di-tanjung-emas-semarang?headline=1
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BMKG,
topics Banjir, Banjir ob,
products emas,
places JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities Semarang,