PPSDM Aparatur dan PPSDM Migas Gelar Pelatihan Dasar CPNS BUMN

  • 24 Mei 2022 14:24:43
  • Views: 2

Jakarta -

Kementerian BUMN bersama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas dan PPSDM Aparatur menggelar kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS BUMN. Kegiatan Latsar diikuti oleh CPNS Golongan III dan II di Lingkungan Kementerian BUMN di Lantai 3 Gedung Besar PPSDM Migas, Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada Senin (23/5).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dasar penyelenggaraan pemerintahan serta tugas dan budaya organisasi sehingga mampu melayani masyarakat dengan baik. Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto dalam sambutannya memberikan nasihat kepada CPNS yang merupakan para calon pemimpin masa depan bangsa.

Yang paling utama adalah bagaimana anda dapat bekerja dengan baik dan berintegritas. Anda adalah lulusan terbaik yang dengan kemampuan dasar yang baik percuma kalau tidak mempunyai integrity. Oleh karena itu disinilah tempatnya kalian akan digembleng. Pesan saya lakukan (latsar) ini dengan baik semoga nanti ke depan lulusan dari sini ada yang menggantikan saya menjadi sekretaris Menteri, ujar Susyanto dalam keterangan tertulis, Selasa (24/5/2022).

Dalam acara tersebut juga hadir Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) Prahoro Yulijanto Nurtjahyo yang turut membuka kegiatan dan mengucapkan selamat kepada calon pegawai Kementerian BUMN yang mengikuti pelatihan di PPSDM Migas.

Saya ingin mengucapkan selamat kepada 156 calon pegawai Kementerian BUMN yang tadi sudah disampaikan anda ini adalah bibit - bibit pilihan. Saya tidak tahu dari doa siapa adik - adik ini bisa sampai di sini tetapi saya percaya sekali dengan kekuatan doa. Saya berharap ketika anda sudah berada di fase ini untuk dimanfaatkan dengan baik karena kesempatan seperti ini tidak akan datang dua kali. Dari sinilah kita sama - sama meluruskan niatnya seperti apa, ketika kemarin kita mendaftar di posisi ini kita dengan sangat - sangat sadar bahwa saya akan mengabdi karena niat yang akan menentukan pergerakan kita, jelas Prahoro.

Ia menambahkan, memiliki Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkompetensi dan berintegritas adalah kunci memajukan bangsa. Untuk menyelenggarakan pemerintahan, diperlukan ASN (Government Officer) yang mempunyai kompetensi di bidangnya.

Kita akan layak untuk diperhitungkan jika kita mempunyai level pemahaman yang sama dengan industri, dengan stakeholder dengan swasta, dengan private. Untuk itu kita tidak punya pilihan lain untuk bergerak ke sana untuk menunjukkan bahwa ASN atau PNS itu tidak lelet, dia ngerti bisnis, dia ngerti legal, dia strong di technical. Ini salah satu yang menjadi impian bersama serta jangan menjadikan diri kita sendiri kelas dua. Modal telah dimiliki yaitu bibit, bebet dan bobot yang saat ini ada dan itu saja tidak cukup, kalau kita meninggalkan integritas kita di laci rumah kita, pesannya.

Pelatihan Dasar ini akan diadakan selama kurang lebih satu bulan yang terbagi menjadi On Class pada tanggal 23 Mei - 17 Juni 2022 dan Off Class (aktualisasi di tempat kerja) pada tanggal 20 Juni - 16 Juli 2022. Pembimbingan Evaluasi dan Pelaksanaan Aktualisasi pada tanggal 18 Juli sampai dengan 20 Juli 2022 dan penutupan pada tanggal 20 Juli 2022.

(akn/ega)

https://news.detik.com/berita/d-6093044/ppsdm-aparatur-dan-ppsdm-migas-gelar-pelatihan-dasar-cpns-bumn

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6093044/ppsdm-aparatur-dan-ppsdm-migas-gelar-pelatihan-dasar-cpns-bumn
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries ASN, Kementerian BUMN,
topics CPNS,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Blora,