Pedagang Korban Kebakaran Lenggang Jakarta Mulai Tata Tempat Relokasi

  • 24 Mei 2022 13:24:35
  • Views: 6

Jakarta -

Pedagang korban kebakaran kios Lenggang di IRTI Monas, Jakarta Pusat mulai pindah ke lokasi relokasi sementara. Para pedagang tampak mulai mendirikan kiosnya di Plaza Monas.

Pantauan detikcom di Lenggang Jakarta, Selasa (24/5/2022) pukul 12.20 WIB tampak beberapa kios mulai berdiri di lokasi relokasi yaitu di Plaza Monas. Terlihat para pedagang tengah mendirikan kerangka kios mereka. Terlihat pedagang saling bergotong-royong mendirikan pajangan kios tersebut.

Ada kios yang belum tertutup tenda atau portal pada atapnya yaitu hanya kerangka stainless. Namun, ada pula kios yang sudah terpasang tenda penutup pada bagian atap dan sisi kanan kirinya.

Salah seorang pengurus Koperasi Pedagang Wisata Monas (Koptanas), Hosnan (41) mengatakan pedagang yang kiosnya terbakar harus pindah ke lokasi relokasi yaitu di Plaza Monas. Dia menyebut para pedagang tidak diperbolehkan berjualan di area pelataran Lenggang.

Sebenernya ini dari depan dari depan pelataran kebetulan ini kan sudah saya tarik ke belakang ke area lokasi yang udah disediakan oleh dinas dan jajaran setempat, jadi dialokasikan di sini di lapangan ini. Jadi semua pedagang harus tertib seperti itu, tidak acak-acakan dan mungkin kumuh, kata Hosnan di Lenggang Jakarta.

Hosnan mengatakan pengurus Koptanas telah memasang tali rafia untuk memetakan lokasi setiap pedagang. Hal itu dilakukan supaya kios para pedagang di Plaza Monas tersusun rapi.

KoperasiKoperasi Pedagang Wisata Monas (Koptanas), Hosnan (41) Foto: Mulia Budi/detikcom

Untuk petakan tali rafia biar pedagang itu tidak berbenturan, itu garis-garis yang harus mereka tempati itu 2 m x 2 m seperti itu. Jadi biar nggak menimbulkan ricuh setelah kita garis ada besi pajangan dia naruh seperti itu, sesuai dengan garis rafia yang kita ukur, ujarnya.

Dia mengatakan satu per satu para pedagang yang terdampak kebakaran mulai pindah ke Plaza Monas sejak tiga hari lalu. Menurutnya, para pedagang tidak pindah dalam waktu yang sama karena perbedaan jarak tempat tinggal.

Jadi udah dapat 3 hari, dari hari Sabtu soalnya pedagang ini ada juga yang jauh, mereka ada yang dari Bogor, Bekasi seperti itu, jadi mungkin dia nyela waktu untuk datang ke sini nggak langsung bruk datang semua gitu, tuturnya.

Kalau tali rafia udah dipetak dari kemarin-kemarin jadi kalau udah berbentuk besi seperti ini tali rafianya itu dirapihin lagi, kan itu hanya sekadar garis aja, lanjutnya

(aik/aik)

https://news.detik.com/berita/d-6092891/pedagang-korban-kebakaran-lenggang-jakarta-mulai-tata-tempat-relokasi

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6092891/pedagang-korban-kebakaran-lenggang-jakarta-mulai-tata-tempat-relokasi
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
fasums Monas,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bekasi, Bogor,
cases kebakaran,