Dikira Celeng, Petani Ditembak Pemburu

  • 24 Mei 2022 13:06:12
  • Views: 8

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Seorang petani warga Dukuh Dampit Dusun Batur Desa Purwasana, Kecamatan Punggelan Banjarnegara, Juwed Supriyanto (50), harus dirawat di rumah sakit karena mengalami luka serius akibat ditembak oleh pemburu celeng atau babi hutan saat sedang membersihkan rumput di kebun kapulaga miliknya. Pelaku menduga korban sasaran tembaknya seekor celeng yang kerap turun dari hutan ke kebun milik warga.

Peristiwa mengenaskan itu terjadi Minggu (22/5), saat korban Juwed Supriyanto di tengah kebun kapulaga sekitar 100 meter dari pemukiman. Istri korban, Ny Giarti (48), menuturkan, sekitar pukul 16.00 tiba-tiba ada suara ledakan.

“Suami saya awalnya mengira itu suara ledakan korek api gas di saku celana. Namun kemudian diketahui kedua kaki dan tangan korban terluka, katanya. Korban kemudian berteriak minta tolong. Belakangan diketahui, luka diakibatkan oleh tembakan peluru sampai menembus paha kaki kiri dan tangan sebelah kanan. Peluru baru bersarang di paha kaki sebelah kanan.

Korban dilarikan ke dokter Puskesmas Pasarmanis Punggelan oleh para warga yang menolongnya, selanjutnya dirujuk ke rumah sakit Siaga Medika Purbalingga. Kepala Desa Purwasana, Muhamdi, membenarkan adanya warga tertembak pemburu babi hutan.

“Jadi penembaknya itu pemburu babi hutan. Ada gerak-gerik dikira babi hutan, langsung ditembak. Ternyata bukan babi hutan, tetapi manusia, katanya.

Menurut Muhamdi, memang kerap dijumpai babi hutan di sekitar lokasi kejadian setelah hutan banyak digarap untuk tanaman perkebunan. Kasus penembekan tersebut kini sedang ditangani Polres Banjarnegara. Sebuah informasi menyebutkan, pemburu celeng bersenjata senapan pada saat kejadian sebanyak 3 orang. Dua diantara mereka warga Desa Kecepit Punggelan, sedangkan satu lainnya warga Gunungwuled Purbalingga.

Peristiwa serupa sebelumnya terjadi pada 24 Desember 2019 di Desa Pasuruhan, Kecamatan Karangkobar Banjarnegara. Triyantoro (51) warga setempat tewas di tempat saat sedang membersihkan rumput di kebun kapulaga. Pelakunya dua pemburu asal Salatiga, menggunakan senjata laras panjang rakitan dengan ukuran peluru 5,56 mm. (Mad)


https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/banyumas/dikira-celeng-petani-ditembak-pemburu/

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/banyumas/dikira-celeng-petani-ditembak-pemburu/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Supriyanto,
companies ADA,
organizations API,
places JAWA TENGAH,
cities Banjarnegara, Banyumas, Dukuh, Purbalingga, Salatiga,
animals Babi,