Pertumbuhan Ekonomi Seluruh Pulau Merata, Papua dan Maluku Tertinggi

  • 24 Mei 2022 12:52:07
  • Views: 10

JawaPos.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekonomi Indonesia pada Triwulan I-2022 mampu tumbuh kuat sebesar 5,01 persen secara year on year (yoy). Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa daya beli masyarakat mulai berangsur pulih.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pun mengklaim bahwa kinerja ekonomi di berbagai provinsi menguat seiring dengan terkendalinya pandemi. Kata dia, semua pulau di Indonesia mencatatkan pertumbuhan positif di awal 2022.

“Yang bagus tentu dari pertumbuhan kuartal satu ini adalah cukup merata di seluruh sektor di seluruh daerah, ungkapnya secara daring, Selasa (24/5).

Dirinya mengatakan, tidak hanya Pulau Jawa saja yang menunjukkan pertumbuhan di atas 5 persen, tetapi Sulawesi juga menunjukkan pertumbuhan yang sama yakni mencapai 5,3 persen.

“Bahkan pertumbuhan ekonomi Maluku dan Papua mencapai 10,75 persen, terang dia.

Sementara itu, Kalimantan menunjukkan zona positif di 3,21 persen. Sumatera pun tumbuh positif dengan tidak pernah turun meski masih di level 4 persen.

Adapun Bali dan Nusa Tenggara juga mulai menunjukkan pemulihan di level 3,42 persen setelah kondisi dua tahun yang terpukul akibat pandemi Covid-19.

“Ini menggambarkan bahwa komoditas yang membaik dan juga dari sisi pertumbuhan antardaerah menggambarkan adanya pemulihan yang cukup merata, pungkas Menkeu.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking


https://www.jawapos.com/ekonomi/24/05/2022/pertumbuhan-ekonomi-seluruh-pulau-merata-papua-dan-maluku-tertinggi/

Sumber: https://www.jawapos.com/ekonomi/24/05/2022/pertumbuhan-ekonomi-seluruh-pulau-merata-papua-dan-maluku-tertinggi/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati,
ministries BPS, Kemenkeu,
nations Indonesia,
places MALUKU, PAPUA,
cases covid-19,