Simpanan Dana Pemda di Perbankan Turun 5,33% pada April 2022, Ini Kata Sri Mulyani

  • 24 Mei 2022 11:01:12
  • Views: 6

ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan, simpanan dana pemerintah daerah (pemda) di bank Rp191,57 triliun per April 2022. Meski masih besar, namun angka tersebut turun 5,33% dari posisi simpanan bulan lalu yang sebesar Rp 202,35%.

“Dana daerah di perbankan masih cukup tinggi Rp 191,5 triliun pada April 2022. Tapi ini lebih rendah daripada bulan sebelumnya, tutur Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati  dalam Konferensi Pers APBN Kita, Senin (23/5).

Sri Mulyani menjelaskan bahwa dana pemda yang berada di bank terus mengalami kenaikan dalam tiga bulan terakhir. Akan tetapi pada April 2022 nilainya mengalami penurunan.

Baca Juga: Duit Menganggur Pemda di Perbankan Membengkak

Dana pemda di bank tercatat sebesar Rp 157 triliun pada Januari 2022, kemudian naik menjadi Rp 183 triliun pada Februari 2022, dan naik menjadi Rp 202,35 triliun pada Maret 2022, kemudian pada April menurun menjadi Rp 191,57 triliun.

Dengan adanya penurunan ini, Sri Mulyani berharap agar pemda dapat mengoptimalkan dana di perbankan dan menggunakannya untuk berbagai aktivitas, terutama dalam membantu masyarakat dan memulihkan perekonomian. Sebab menurutnya, pemulihan ekonomi masih bergantung kepada anggaran dan program pemerintah pusat.

Adapun, daerah yang memiliki saldo tertinggi di perbankan adalah Jawa Timur yang mencapai Rp 24,17 triliun. Sebaliknya, daerah yang memiliki saldo terendah di bank adalah Kepulauan Riau sebesar Rp 1,07 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Reporter: Siti Masitoh
Editor: Handoyo .


https://nasional.kontan.co.id/news/simpanan-dana-pemda-di-perbankan-turun-533-pada-april-2022-ini-kata-sri-mulyani

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/simpanan-dana-pemda-di-perbankan-turun-533-pada-april-2022-ini-kata-sri-mulyani
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati,
companies Dana, Google,
ministries Kemenkeu, Kementerian Keuangan,
topics APBN,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR, KEPULAUAN RIAU, RIAU,
musicclubs APRIL,