Banjir Rob dan Tanggul Jebol Semarang, PLN Setop Sementara Aliran Listrik Demi Keamanan

  • 24 Mei 2022 10:59:32
  • Views: 6

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menghentikan sementara aliran listrik ke daerah-daerah yang dilanda banjir di Semarang.  Langkah penghentian aliran listrik ini demi pengamanan keselamatan warga yang dilanda banjir.

Seperti diketahui, beberapa hari terakhir ini Semarang dilanda banjir rob. Peristiwa terbaru adalah dinding penahan air rob Pelabuhan Tanjung Emas Semarang jebol pada senin sore kemarin. Peristiwa tanggul jebol di Semarang ini berdampak ke gardu listrik PLN.

Demi keselamatan masyarakat, kami mengambil tindakan preventif berupa penghentian sementara aliran listrik di lokasi kejadian maupun di sekitarnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan akibat arus listrik, kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta M Irwansyah Putra usai dikutip dari Antara, Selasa (24/5/2022). 

Akibat banjir rob di daerah Pelabuhan Tanjung Emas dan Komplek Industri Lamicitra, PLN terpaksa harus mengamankan sebanyak 408 gardu distribusi yang menyalurkan listrik ke sebanyak 35 ribu pelanggan baik yang berada di lokasi maupun di luar lokasi banjir rob.

Selain itu, pihaknya akan terus melakukan pemantauan situasi dan kondisi debit air di titik lokasi terdampak banjir.

Apabila air sudah surut dan kondisi sudah aman, PLN akan berupaya secepat mungkin menyalurkan kembali aliran listrik ke pelanggan, ujarnya didampingi Senior Manager Komunikasi dan Umum Ahmad Mustaqir dan Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang Eric Rossi.

PLN mengimbau masyarakat, apabila banjir rob menggenangi rumah masing-masing dapat melakukan pengamanan kelistrikan secara mandiri.

Langkah pengamanan kelistrikan yang dapat dilakukan terlebih dulu adalah memutus aliran listrik yang terhubung ke rumah dengan cara mematikan kWh meter, katanya.

Selanjutnya cabut alat elektronik yang masih terhubung ke setop kontak dan naikkan ke tempat yang lebih tinggi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Banjir menerjang komplek perumahan di Bekasi Jawa Barat Kamis (17/2) dini hari. Kali Bekasi jebol tak kuat menahan derasnya kiriman air dari daerah Bogor.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4969712/banjir-rob-dan-tanggul-jebol-semarang-pln-setop-sementara-aliran-listrik-demi-keamanan

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4969712/banjir-rob-dan-tanggul-jebol-semarang-pln-setop-sementara-aliran-listrik-demi-keamanan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Irwansyah,
companies WhatsApp,
bumns PLN,
topics Banjir, Banjir ob, Listrik,
products emas,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Bekasi, Bogor, Semarang, Yogyakarta,