Terbaru Urus Minyak Goreng, Intip lagi Sederet Tugas dan Jabatan Luhut dari Jokowi

  • 24 Mei 2022 11:00:14
  • Views: 16

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Panjaitan kembali mengemban tugas baru dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Kali ini, Menko Luhut ditugaskan mengurusi minyak goreng.

Tugas barunya ini disampaikan Luhut langsung. Tiba-tiba Presiden minta saya untuk ngurus minyak goreng, kata Luhut dalam acara Perayaan Puncak Diesnatalis GAMKI ke 60, seperti ditulis, Senin (23/5/2022).

Bahkan dia mengaku tugas ini baru diberikan sejak beberapa hari lalu. Jadi sejak tiga hari lalu, saya mulai tangani masalah kelangkaan minyak goreng. Kita harap nanti tidak terlalu lama selesaikan hal ini, tambah dia.

Seperti diketahui, masalah minyak goreng memang seakan tak kunjung kelar. Melambungnya harga hingga masalah pasokan jadi permasalahan nasional beberapa waktu terakhir.

Sebelum mengurusi minyak goreng ini, sejatinya, Menko Luhut selama ini memang dipercaya mengurusi banyak hal.

Dari catatan Liputan6.com, Luhut juga ditunjuk menjadi Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional. Penunjukan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 tahun 2022 tentang Dewan SDA Nasional.

Dewan SDA Nasional dibentuk untuk melaksanakan koordinasi pengelolaan Sumber Daya Air pada tingkat nasional, tingkat provinsi, tingkat kabupaten/kota, dan tingkat wilayah sungai.

Dewan SDA Nasional merupakan lembaga nonstruktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Selain urusan minyak goreng dan sumber daya air, berikut deretan jabatan dan tugas diemban Luhut Binsar Panjaitan sepanjang pemerintahan Presiden Jokowi:

1. Wakil Ketua KPC-PEN

Di awal pandemi Covid-19, Presiden Jokowi menunjuk Luhut menjabat Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

(2) Susunan keanggotaan Komite sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas (a) Ketua Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (b) Wakil Ketua I: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tersebut yakni Luhut Binsar Panjaitan.

2. Koordinaror PPKM Darurat Jawa-Bali

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi membenarkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali.

Hal tersebut seiring dengan pemerintah yang sudah membahas terkait PPKM Darurat.

Betul Menko Maritim dan Investasi telah ditunjuk oleh Bapak Presiden Jokowi sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali, katanya dalam pesan singkat, Selasa (29/6/2021).

 

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan CEO Tesla Inc., Elon Musk. Luhut datang bersama Ketum Dewan Pertimbangan Kadin Anindya Bakrie, Dubes RI untuk AS Rosan Roeslani dan penasihat Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin. Rombongan Luhut datang...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4969636/terbaru-urus-minyak-goreng-intip-lagi-sederet-tugas-dan-jabatan-luhut-dari-jokowi

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4969636/terbaru-urus-minyak-goreng-intip-lagi-sederet-tugas-dan-jabatan-luhut-dari-jokowi
Tokoh















Graph