Aktor Intelektual Pelanggaran HAM Berat Paniai Diharap Terbongkar di Persidangan

  • 24 Mei 2022 10:10:50
  • Views: 15

Jakarta: Kasus dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat di Paniai, Papua, segera dilimpahkan ke pengadilan. Komisi Nasional (Komnas) HAM berharap aktor intelektual peristiwa tersebut bisa terbongkar di persidangan.
 
Kita berharap dengan perkembangan nanti di pengadilan atau juga ada perkembangan fakta-fakta yang baru dan melihat konstruksi peristiwanya itu bisa melihat secara langsung siapa yang paling bertanggung jawab, siapa yang bertanggung jawab, kata Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam kepada Medcom.id, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Sehingga, kata dia, pertanyaan yang masuk ke Komnas HAM dari publik, khususnya warga Papua bisa terjawab. Dia mengaku mendapat pertanyaan terkait jumlah tersangka yang hanya satu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kenapa kok hanya IS misalnya begitu, kenapa enggak ada tersangka yang lain dan IS ini siapa, ujar Anam.
 
Dia meminta nantinya di pengadilan membuka peluang adanya fakta baru berdasarkan konstruksi peristiwa yang disusun Jaksa penuntut umum (JPU). Dengan begitu, akan terbongkar sosok yang paling bertanggung jawab dalam peristiwa dugaan pelanggaran HAM berat tersebut.
 
Karena kasus hak asasi manusia itu khususnya pelanggaran HAM berat itu dalam konteks-konteks tertentu menuntut adanya sebuah konstruksi pertanggungjawaban sesuai dengan rantai tanggung jawab yang dipikul oleh masing-masing pelaku, kata Anam.
 
Baca: Fakta Baru Kasus HAM Berat Paniai Diharap Terbongkar di Persidangan
 
Menurut dia, level perbuatan itu bisa menentukan penetapan tersangka. Orang yang tidak bersalah tak akan menyandang status pesakitan tersebut.
 
Jadi level apa melakukan apa dan itu semuanya bisa menjadikan status apakah mereka tersangka atau tidak, ucap Anam.
 
 

https://www.medcom.id/nasional/hukum/GbmavXob-aktor-intelektual-pelanggaran-ham-berat-paniai-diharap-terbongkar-di-persidangan

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/hukum/GbmavXob-aktor-intelektual-pelanggaran-ham-berat-paniai-diharap-terbongkar-di-persidangan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Choirul Anam,
companies ADA,
ngos Komnas HAM,
topics Pelanggaran HAM,
places DKI Jakarta, PAPUA,
cases HAM,