DPR Minta Pemerintah Antisipasi Penyebaran Cacar Monyet

  • 24 Mei 2022 10:07:10
  • Views: 18

IDXChannel - Anggota Komisi IX DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah segera menyiapkan langkah-langkah antisipasi terhadap penyakit cacar monyet yang belakangan telah menjangkit di 12 negara. Meskipun di Indonesia belum ditemukan, antisipasi ini menjadi suatu hal yang sangat penting dilakukan.

Pemerintah harus segera menyiapkan langkah pencegahan dan penanggulangan  penyakit dengan gejala demam, ruam kulit melepuh menjadi lenting dan pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak, kata Netty dalam keterangannya, Selasa (24/5/2022).

Salah satu yang harus segera dilakukan pemerintah, kata dia, mengedukasi tentang penyakit cacar monyet kepada masyarakat. Mulai dari gejala, penyebab hingga cara mencegah serta bagaimana pengobatannya.

Masyarakat harus mendapatkan informasi akurat terkait munculnya cacar monyet. Jangan sampai penyakitnya sudah di depan mata, sementara masyarakat mendengar namanya saja belum pernah, ujarnya.

Ketua DPP PKS Bidang Sosial ini berharap pemerintah memantau dan melakukan kontak dengan negara-negara yang sudah terjangkit cacar monyet seperti Inggris, Belgia, AS, Australia atau Spanyol.

Kita perlu tahu, hal apa yang sudah dilakukan negara-negara tersebut dalam  menghadapi kasus cacar monyet.  Misalnya Amerika Serikat yang mengidentifikasi penyakit cacar monyet dengan sistem berjenjang atau Belgia yang menerapkan sistem karantina bagi penduduk yang terkena, atau seperti Spanyol yang  menutup tempat yang diduga jadi sumber  penyebaran cacar monyet, tuturnya. 


https://www.idxchannel.com/economics/dpr-minta-pemerintah-antisipasi-penyebaran-cacar-monyet

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/dpr-minta-pemerintah-antisipasi-penyebaran-cacar-monyet
Tokoh





Graph

Extracted

persons Netty Prasetiyani Heryawan, Pipin Sopian,
companies MNC,
ministries DPR RI,
parties PKS,
nations Amerika Serikat, Australia, Belgia, Indonesia, Inggris, Spanyol,
animals Monyet,