Diplomat Rusia Mengundurkan Diri, Tak Setuju Invasi ke Ukraina

  • 24 Mei 2022 10:05:02
  • Views: 17

TEMPO.CO, Jakarta - Seorang diplomat Rusia di misi tetap negara itu di Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa mengundurkan diri karena ketidaksetujuannya dengan invasi Moskow ke Ukraina.

 Saya masuk kerja seperti Senin pagi lainnya dan saya menyerahkan surat pengunduran diri saya dan saya keluar, kata Boris Bondarev, yang di LinkedIn menyebut pekerjaannya sebagai penasihat misi tetap Rusia untuk PBB yang bekerja pada pengendalian senjata, kepada Reuters, Senin, 24 Mei 2022.

“Saya mulai membayangkan ini beberapa tahun yang lalu tetapi skala bencana ini mendorong saya untuk melakukannya, katanya, mengacu pada invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari.

Dia telah menyampaikan keprihatinannya tentang invasi dengan staf senior kedutaan beberapa kali. Saya diberitahu untuk tutup mulut untuk menghindari konsekuensi, katanya.

Tidak ada komentar segera dari misi permanen Rusia untuk PBB.

Sebelumnya, Bondarev mengumumkan pengunduran dirinya di LinkedIn.

Saya belajar untuk menjadi diplomat dan telah menjadi diplomat selama dua puluh tahun, tulis Bondarev. Kementerian (luar negeri Rusia) telah menjadi rumah dan keluarga saya. Tapi saya tidak bisa lagi berbagi dalam aib yang berdarah, dungu dan sama sekali tidak perlu ini.

Ukraina telah mendesak diplomat Rusia untuk mengundurkan diri dalam debat Dewan Hak Asasi Manusia pada bulan Maret. Namun, Bondarev mengatakan dia tidak tahu apakah ada diplomat lain yang mengikutinya. Aku khawatir aku satu-satunya.

Kira Yarmysh, juru bicara tokoh oposisi Kremlin yang dipenjara Alexei Navalny, menyambut baik pengunduran diri tersebut.

Sepertinya hanya ada satu orang jujur di kementerian luar negeri, tulisnya di Twitter.

Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina dalam apa yang disebutnya operasi khusus untuk menurunkan kemampuan militer tetangga selatannya dan membasmi orang-orang yang disebutnya nasionalis berbahaya.

Barat telah memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia dan memberikan Ukraina dukungan militer sebagai tanggapan.


https://dunia.tempo.co/read/1594577/diplomat-rusia-mengundurkan-diri-tak-setuju-invasi-ke-ukraina

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1594577/diplomat-rusia-mengundurkan-diri-tak-setuju-invasi-ke-ukraina
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, LinkedIn, Reuters, Twitter,
ministries Kementerian Luar Negeri, Kemlu,
parties PBB,
nations Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities Moskow,