Foto-foto Banjir Rob Rendam Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

  • 24 Mei 2022 09:45:31
  • Views: 7

INDOZONE.ID - Peristiwa banjir rob atau air pasang yang melimpas ke daratan dengan ketinggian 2 meter lebih melanda kawasan pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah, khususnya daerah di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas pada Senin (23/5/2022).

Ketinggian banjir rob yang bersamaan dengan gelombang tinggi hari ini tercatat 210 centimeter, kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Retno Widyaningsih mengutip Antara, Selasa (24/5/2022).

Ia menyebut banjir rob dan gelombang tinggi yang terjadi akibat siklus akhir bulan setelah purnama dan bumi dengan bulan dalam posisi terdekat ini juga melanda kawasan pesisir di Kabupaten Rembang, Pati, Demak, Pekalongan hingga Tegal.

Baca juga: Merinding, Jeritan Bocah saat Mengaji Bikin Netizen Jadi Iri, Bukan Sembarang Bocil!

Adanya banjir rob dan gelombang tinggi yang mulai sekitar pukul 13.00 WIB ini menyebabkan limpasannya ke daratan terasa cukup deras, ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sekitar lokasi kejadian, banjir rob di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas ini diperparah dengan adanya tanggul yang jebol sehingga area yang terdampak cukup luas.

Teriak Banjir Rob

Salah seorang pekerja pabrik garmen PT Korina di Semarang, Nela Aji mengaku langsung berlari menyelamatkan diri setelah mendengar suara sirine pabrik berbunyi.

Awalnya sirine berbunyi sekitar pukul 13.45 WIB, lalu saya melihat orang-orang berlarian sambil berteriak 'banjir rob, banjir rob', tanpa pikir panjang saya langsung mematikan mesin lalu ikut menyelamatkan diri, kata perempuan warga Kebonharjo itu.

Banji
Banji rob di Semarang. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Rendam Motor dan Mobil

Selain sepeda motor dan mobil, ribuan unit mesin jahit serta mesin produksi pada sejumlah pabrik juga terendam banjir rob.

Seumur-umur baru kali banjir sedada, kata Diah, pekerja pabrik garmen PT Korina.

Banji
Banji rob di Semarang. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)
Banji
Banji rob di Semarang. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Hentikan Operasi Bongkar Muat

Manajemen Terminal Peti Kemas (TPK) Semarang menghentikan operasional bongkar muat akibat akses jalan ke dalam terminal tergenang banjir rob yang melanda kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas.

Selain itu, peralatan bongkar muat yang dioperasikan oleh terminal menggunakan tenaga listrik sehingga penghentian operasional juga karena alasan keselamatan, kata General Manager TPK Semarang I Nyoman Sudhiarta.

Banji
Banji rob di Semarang. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pemerintah daerah yang wilayahnya di pesisir Jateng agar menyiapkan posko darurat lengkap guna penanganan dampak banjir rob.

Seluruh pantura sekarang lagi kita minta koordinasi untuk stand by khususnya yang di Kota Semarang, di Demak, terus di Pati, juga ada lalu di Pekalongan, kata Ganjar saat mengecek penanganan banjir rob.

Banji
Banji rob di Semarang. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Artikel Menarik Lainnya:


https://www.indozone.id/news/L9s8MMJ/foto-foto-banjir-rob-rendam-pelabuhan-tanjung-emas-semarang

Sumber: https://www.indozone.id/news/L9s8MMJ/foto-foto-banjir-rob-rendam-pelabuhan-tanjung-emas-semarang
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo,
companies ADA,
ngos AJI,
topics Banjir, Banjir ob, Listrik,
products emas,
places JAWA TENGAH,
cities Demak, Pati, Pekalongan, Rembang, Semarang, Tegal,
transportations sepeda,