Kejagung Periksa Lagi Pejabat Bea Cukai, Kasus Korupsi Pelabuhan

  • 23 Mei 2022 23:53:04
  • Views: 6

Senin, 23 Mei 2022 - 22:05 WIB

VIVA – Tim Penyidik Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali memeriksa pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Bea Cukai. Pejabat diperiksa terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan fasilitas kawasan berikat di Pelabuhan Tanjung Emas (KITE) periode 2016-2017.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana menjelaskan, penyidik melakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi terkait kasus dugaan korupsi penyalahgunaan fasilitas kawasan berikat di Pelabuhan Tanjung Emas (KITE) pada Senin, 23 Mei 2022.

“Saksi-saksi yang diperiksa yaitu ATS selaku Kepala Bidang Kepatuhan dan Layanan Informasi KPU Tipe A Bea dan Cukai Tanjung Priok, diperiksa terkait lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean dan pemungutan bea masuk dan cukai serta pungutan negara lainnya, kata Ketut melalui keterangannya pada Senin, 23 Mei 2022.

Selanjutnya kata dia, penyidik memeriksa II selaku Kepala Seksi Perbendaharaan KPPBC Tipe A Semarang Tahun 2016-2019. Menurut dia, saksi II diperiksa terkait pungutan dan pengadministrasian bea masuk, bea keluar, dan pungutan negara lainnya yang dipungut oleh KPPBC TMP A Semarang dalam aktivitas impor dan ekspor PT HGI.

“Kemudian, saksi A selaku Kepala Seksi Layanan Data pada Direktorat Informasi Kepabeaan dan Cukai, diperiksa terkait informasi database impor dan ekspor PT HGI, ujar dia.

Ketut mengatakan jaksa penyidik periksa saksi M selaku Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan (P2) KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok Tahun 2017, terkait penerbitan rekomendasi untuk pengenaan sanksi administrasi, dan kegiatan lainnya berkaitan dengan pengawasan dan penanganan perkara kepabeanan dan cukai.

“Terakhir, BNTP selaku Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Tempat Penimbunan Berikat Direktorat Fasilitas Kepabeanan, diperiksa terkait penangguhan bea masuk dan pajak dalam rangka impor PT HGI, ujarnya.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1477846-kejagung-periksa-lagi-pejabat-bea-cukai-kasus-korupsi-pelabuhan?terbaru=5

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1477846-kejagung-periksa-lagi-pejabat-bea-cukai-kasus-korupsi-pelabuhan?terbaru=5
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ketut Sumedana,
ministries Bea Cukai, Jaksa Agung, Kejagung, Kejaksaan, Kejaksaan Agung, KPU,
topics ekspor,
products emas,
places JAWA TENGAH,
cities Semarang, Tanjung Priok,
cases korupsi, Tipikor,