Gawat, TPA Cipayung Diprediksi Hanya Mampu Tampung Sampah Beberapa Bulan Lagi

  • 23 Mei 2022 22:48:47
  • Views: 4

Liputan6.com, Jakarta - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Kota Depok, kondisinya semakin mengkhawatirkan. Meningkatnya volume sampah, TPA Cipayung diprediksi hanya dapat menampung sampah beberapa bulan ke depan.

Kepala UPT TPA Cipayung, Dadan Ardan Kurniawan mengatakan, berdasarkan kajian sejak 2019, TPA Cipayung telah overload. Dengan luas 11,2 hektar, TPA Cipayung hanya dapat menampung sampah sebanyak 1,3 juta meter kubik.

Saat ini sampah yang tertampung mencapai 2,5 juta meter kubik, ujar Ardan saat ditemui Liputan6, Senin (23/5/2022).

Ardan menjelaskan, sampah yang berada di TPA Cipayung apabila tidak segera dilakukan pemindahan dan pengelolaan di TPPAS Lulut Nambo, tidak dapat menampung sampah kembali. Pengelolaan dan penataan di TPA Cipayung hanya dapat untuk menampung sampah beberapa bulan ke depan.

Sebenarnya kita sudah sangat riskan kita bilang sebulan lagi, dua bulan, tiga bulan, mungkin satu bulan lagi kita sudah pesimis, jelas Ardan.

Ardan mengungkapkan, untuk memperpanjang usia daya tampung TPA Cipayung telah dilakukan berbagai cara. Namun, apabila TPPAS Lulut Nambo dapat segera beroperasi, maka pihaknya akan melakukan penataan TPA Cipayung dengan optimalnya.

Penataan dilakukan dengan menggeser sampah ke lokasi yang sampahnya dapat diratakan dengan ketinggian yang belum maksimal, ungkap Ardan.

TPA Cipayung memiliki tiga landfill dengan ketinggian rata-rata mencapai 23 meter. Selain itu, untuk melakukan penataan telah meminta bantuan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pengadaan alat.

Nantinya alat yang diberikan dapat digunakan untuk penataan sampah, ucap Ardan.

Volume sampah bekas banjir di TPS Perintis Kemerdekaan Jakarta setiap harinya terus bertambah. Pemkot Jakarta Timur setiap harinya mengerahkan 30 truk untuk mengangkut sampah-sampah tersebut ke TPA Bantar Gebang.


https://www.liputan6.com/news/read/4969576/gawat-tpa-cipayung-diprediksi-hanya-mampu-tampung-sampah-beberapa-bulan-lagi

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4969576/gawat-tpa-cipayung-diprediksi-hanya-mampu-tampung-sampah-beberapa-bulan-lagi
Tokoh

Graph

Extracted

topics Banjir,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Cipayung, Depok,