MLFF Bikin Metode Bayar Jalan Tol Tambah Banyak: Bisa Pakai Dompet Digital Sampai Kartu Debit

  • 23 Mei 2022 22:11:25
  • Views: 9

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah akan menggantikan sistem pembayaran jalan tol. Bila tidak ada aral melintang, pada akhir 2022, pembayaran tol tidak lagi menggunakan uang elektronik berbasis cip atau kartu tol.

Pemerintah akan menggunakan alat pembayaran nir sentuh melalui sistem Multi Lane Free Flow (MLFF). Terkait hal ini, Bank Indonesia (BI) sebagai regulator sistem pembayaran di Indonesia angkat bicara.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta mengatakan, MLFF merupakan penerapan teknologi transaksi non tunai nir sentuh yang diinisiasi Kementerian PUPR.

Rencana penerapan metode ini mengacu pada Peraturan Menteri PUPR Nomor 18 Tahun 2020 tentang Transaksi Tol Non Tunai Nirsentuh di Jalan Tol. Tujuannya, untuk meningkatkan efisiensi sistem transaksi dan pelayanan di jalan tol.

BI sebagai otoritas sistem pembayaran mendukung inisiatif MLFF dengan memastikan model bisnis pembayaran MLFF sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sejalan dengan prinsip sistem pembayaran.

Antara lain non-eksklusif, interkoneksi, interoperabilitas, menjangkau seluruh user, dan meleverage industri sistem pembayaran agar terjadi kompetisi yang sehat dengan tetap mengedepankan perlindungan konsumen dan mitigasi risiko, ujarnya kepada Kontan.co.id, Sabtu (21/5/2022).

Kendaraan
Kendaraan pemudik melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022) sore pukul 16.00 WIB. Kondisi lalu lintas saat ini terpantau ramai lancar yang sebelumnya pada pagi hari sangat dipadati kendaraan pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Saat ini progres MLFF masih dalam tahap inisiasi pengembangan yang dilakukan KemenPUPR bersama Badan Usaha Pelaksana (BUP) MLFF terpilih.

KemenPUPR dan BUP tengah merumuskan model bisnis MLFF, termasuk aspek pembayaran.

Fili menekankan, BI secara berkelanjutan memfasilitasi dan membantu mengevaluasi model bisnis tersebut, terutama yang terkait sistem pembayaran.

“Sesuai ketentuan yang diamanatkan dalam PermenPUPR Nomomor 18 Tahun 2020 Pasal 3 ayat 2 diatur bahwa dalam hal transaksi tol non tunai nirsentuh di jalan tol (MLFF) telah diterapkan pada ruas jalan tol, maka kartu uang elektronik tidak dapat digunakan untuk transaksi tol non tunai, tambahnya.

Baca juga: Transaksi Tol Nir Sentuh MLFF Jadi Solusi Atasi Macet dan Antrean di Gerbang Tol


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/23/mlff-bikin-metode-bayar-jalan-tol-tambah-banyak-bisa-pakai-dompet-digital-sampai-kartu-debit

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/23/mlff-bikin-metode-bayar-jalan-tol-tambah-banyak-bisa-pakai-dompet-digital-sampai-kartu-debit
Tokoh



Graph

Extracted

persons Filianingsih Hendarta,
companies ADA,
ministries BI, kemenpupr,
topics Mudik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities Karawang,