Sejarah Berdirinya Google, Salah Satu Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia

  • 23 Mei 2022 21:07:50
  • Views: 7

IDXChannel Sejarah berdirinya Google tidak terlepas dari dua sosok besar, yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Google didirikan di tahun 1998 saat mereka masih menjadi mahasiswa di Stanford University. 

Saat ini, Google dinaungi oleh sebuah perusahaan holding bernama Alphabet yang dibentuk sendiri oleh Google. Nah, sebenarnya bagaimana sejarah berdirinya Google yang saat ini menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia?

Sejarah Berdirinya Google

Google Inc. didirikan pada tanggal 7 September 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Awalnya, proyek Google ini merupakan sebuah penelitian yang mereka lakukan di awal tahun 1996 yang berawal dari teori bahwa sebuah mesin pencari yang memiliki dasar analisis matematika antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik.

Sistem tersebut awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan sebuah backlink untuk untuk memperkirakan seberapa penting keberadaan sebuah situs. Google menjadi situs pencarian yang populer karena memiliki desain yang sederhana dan bersih serta memiliki hasil pencarian yang relevan. 

Di awal pendiriannya, Google berhasil mendapatkan suntikan dana senilai USD100 ribu atau sekitar Rp1,46 miliar dari Andy Bechtolsheim, seorang Co-Founder Sun. Seiring berjalannya waktu, Google mulai mempekerjakan tim Sales dan berkembang sangat pesat. Hal tersebut membuat Google harus memindahkan kantornya ke Mountain View, California.


https://www.idxchannel.com/milenomic/sejarah-berdirinya-google-salah-satu-perusahaan-teknologi-terbesar-di-dunia

Sumber: https://www.idxchannel.com/milenomic/sejarah-berdirinya-google-salah-satu-perusahaan-teknologi-terbesar-di-dunia
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana, Google, MNC,
ministries BRIN,
institutions Stanford University,
cities California,