Transaksi di E-Commerce Ini Paling Dominan Selama Ramadan-Lebaran Versi Survei Snapcart 

  • 23 Mei 2022 21:07:21
  • Views: 6

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ramadan selalu bulan berbelanja online paling tinggi di masyarakat Indonesia. Maraknya kemeriahan serta antusiasme tinggi masyarakat dalam berbelanja online terlihat sejak momen menjelang Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri.

Hal ini menjadi momen penting bagi semua pemain e-commerce. Terlihat persaingan sengit antar e-commerce selama Program Ramadan yang dihadirkan oleh setiap pemain, baik melalui ragam inovasi, fitur menarik, hingga promo terbaik.

Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama 3 bulan terakhir yang didalamnya meliputi bulan Ramadan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Riset ini dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1000 responden dari usia 20-35 tahun, yang tersebar di berbagai area di Indonesia.

Dalam riset Snapcart terkait  Perilaku Belanja Online Masyarakat Selama bulan Ramadan  menunjukkan bahwa 77 % konsumen di Indonesia mengaku Shopee merupakan merek yang paling diingat atau menjadi Top of Mind saat ingin berbelanja kebutuhan keluarga maupun individu selama masa persiapan hingga selama bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Posisi ini diikuti Tokopedia 18 persen dan Lazada 4 persen. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen adalah Bukalapak, Blibli dan JD.ID.

Baca juga: Industri E-Commerce Melaju Kencang, Kebutuhan Kemasan Kiriman Ikut melonjak

Di bulan suci Ramadan, situs belanja online semakin diminati dan menarik perhatian masyarakat.

Di antara 3 pemain e-commerce, Shopee terlihat paling aktif dalam memperkuat posisinya melalui berbagai program yang dihadirkan, seperti iklan, acara TV, live stream, video, promo, dan kolaborasi lainnya.

Hal ini menjadi salah satu alas an kuat yang menjadikan Shopee unggul dalam penilaian merek yang paling diingat selama bulan Ramadan dengan presentase yang cukup signifikan, kata Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart Indonesia dalam keterangannya, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Gandeng PT Commerce Finance, OK Bank Salurkan Kredit SPayLater


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/23/transaksi-di-e-commerce-ini-paling-dominan-selama-ramadan-lebaran-versi-survei-snapcart

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/23/transaksi-di-e-commerce-ini-paling-dominan-selama-ramadan-lebaran-versi-survei-snapcart
Tokoh

Graph

Extracted

companies Blibli, Bukalapak, Lazada, PT Commerce Finance, Shopee, Tokopedia,
topics e-commerce,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,