Sidang Komisi Ke-78 UNESCAP, Presiden Jokowi Singgung Masalah Pengangguran

  • 23 Mei 2022 20:46:25
  • Views: 8

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung masalah pengangguran dan jurang kemiskinan ekstrem. Hal tersebut dikarenakan ekonomi sejumlah negara Asia Pasifik belum pulih, masih di bawah tingkat pra pandemi Covid-19. 

Jokowi mengatakan, belum pulihnya ekonomi di Asia Pasifik dikarenakan adanya pandemi Covid-19, perubahan iklim dan perang.

70 persen dari total pengangguran baru terjadi di kawasan kita, dan 85 juta penduduk kembali masuk ke jurang kemiskinan ekstrim, ujar Jokowi dalam sambutannya pada Pembukaan Sidang Komisi ke-78 UNESCAP yang disiarkan secara daring, Senin (23/5/2022).

Jokowi mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi kawasan tahun ini sebagaimana prediksi IMF, turun 0,5 persen menjadi 4,9 persen. Inflasi juga diperkirakan mencapai 8,7 persen, naik 2,8 persen dari perkiraan semula, katanya.

BACA JUGA:Adik Presiden Jokowi Menikah dengan Ketua MK, Jenderal Andika Perkasa dan Pratikno Jadi Saksi 

Selain itu, kata Jokowi, pencapaian pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) akan semakin tertunda dikarenakan perubahan iklim jangka panjang.

Pencapaian SDGs semakin tertunda, kawasan kita diperkirakan baru dapat mencapai SDGs paling cepat pada tahun 2065. Dan menurut global climate risk index, 6 dari 10 negara paling terdampak perubahan iklim dalam jangka panjang ada di Asia Pasifik, tuturnya.

Menjawab tantangan tersebut, kata Jokowi, dirinya pun mendukung sepenuhnya upaya UNESCAP memajukan a common agenda to advance sustainable development.

Penanganan pandemi harus dilanjutkan dan kesenjangan vaksinasi di kawasan harus ditutup.

Kawasan ini memiliki negara dengan pencapaian vaksinasi tertinggi dan juga terendah di dunia.

Keberhasilan vaksinasi menentukan reaktivasi nasional dan konektivitas dengan perekonomian dunia, Unescap dapat mendukung terbentuknya jaringan fasilitas produksi dan distribusi vaksin regional mengatasi tantangan logistik dan mempersingkat rantai pasok, kata Jokowi.


https://nasional.okezone.com/read/2022/05/23/337/2599037/sidang-komisi-ke-78-unescap-presiden-jokowi-singgung-masalah-pengangguran?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/05/23/337/2599037/sidang-komisi-ke-78-unescap-presiden-jokowi-singgung-masalah-pengangguran?page=1
Tokoh







Graph

Extracted

persons Andika Perkasa, joko widodo, Pratikno,
companies ADA,
ministries MK,
events vaksinasi,
products vaksin,
places DKI Jakarta,
cases covid-19, pengangguran,