Banjir Rob di Semarang Capai Ketinggian 2 Meter Lebih, Ahli Ungkap Penyebabnya

  • 23 Mei 2022 20:36:31
  • Views: 12

PIKIRAN RAKYAT – Banjir rob melanda sejumlah kawasan pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Senin, 23 Mei 2022. Pelabuhan Tanjung Emas juga terdampak bajir rob.

Banjir rob yang melanda Semarang tingginya mencapai 2 meter lebih.

“Ketinggian banjir rob yang bersamaan dengan gelombang tinggi hari ini tercatat 210 sentimeter, ujar Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Retno Widyaningsih di Semarang, Senin, 23 Mei 2022.

Retno mengatakan, banjir rob dan gelombang tinggi terjadi akibat siklus akhir bulan setelah purnama ketika Bumi dan bulan dalam posisi terdekat.

Baca Juga: Begal Tewas Diamuk Massa di Bandung, Kronologi Diungkap Polisi

Banjir rob juga terjadi di kawasan pesisir Kabupaten Rembang, Pati, Demak, Pekalongan, dan Tegal.

“Adanya banjir rob dan gelombang tinggi yang mulai sekitar pukul 13.00 WIB ini menyebabkan limpasannya ke daratan terasa cukup deras, ujar Retno.

Banjir rob di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas diperparah dengan adanya tanggul yang jebol. Hal itu menyebabkan area yang terdampak banjir rob cukup luas.

Baca Juga: Kronologi Dugaan Penganiayaan oleh Pengemudi Pajero di Tol Tomang Jakarta

Sebelumnya, Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas telah memberikan peringatan dini terkait banjir rob dan gelombang tinggi kepada masyarakat.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014546996/ketinggian-banjir-rob-di-semarang-capai-2-meter-lebih-ahli-ungkap-penyebabnya

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014546996/ketinggian-banjir-rob-di-semarang-capai-2-meter-lebih-ahli-ungkap-penyebabnya
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Polisi,
topics Banjir, Banjir ob,
products emas,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities bandung, Demak, Pati, Pekalongan, Rembang, Semarang, Tegal, Tomang,
cases penganiayaan,