Sambangi Muhammadiyah, Jenderal Andika Bahas Masalah Kebangsaan

  • 23 Mei 2022 19:46:29
  • Views: 3

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyambangi kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2022). Andika disambut Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas dan Goodwill Zubair, serta Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti.

Haedar menuturkan, hubungan antara TNI dengan Muhammadiyah memang sudah terjalin erat sedari zaman Panglima TNI pertama, Jenderal Besar Soedirman. Sebab, kata Haedar Soedirman merupakan kader Muhammadiyah.

TNI dengan Muhammadiyah, negara dengan Muhammadiyah ini kan menyatu. Jenderal Sudirman itu kan kader Muhammadiyah sehingga jiwa kebangsaan dan kenegaraan itu menyatu dengan TNI. Demikian juga sebaliknya dengan jiwa keagamaan Pancasila dan kebudayaan luhur bangsa yang menyatu dengan Muhammadiyah, tutur Haedar.

BACA JUGA:Update Kerusuhan di Dogiyai: Dua Anggota TNI Kritis Dipanah, Belasan Ruko Dibakar 

Haedar menuturkan, pertemuan keduanya berlangsung lebih dari satu jam. Di mana, kedua belah pihak membahas tentang ragam masalah kebangsaan, seperti Pancasila, agama, dan kebudayan luhur bangsa.

Tadi kami berbicara agar nilai Pancasila, agama, dan kebudayaan luhur bangsa sebagai kepribadian sekaligus dasar kita ngurus negara ngurus bangsa, ngurus Tanah Air. Karena dengan nilai itu kita punya daya hidup, katanya.

BACA JUGA:Panglima TNI Silaturahmi ke PBNU, Gus Yahya: Jangan-Jangan Pak Andika NU Juga 

Menyambung Haedar, Jenderal Andika menyampaikan bahwa TNI akan bekerja sama dalam bidang kesehatan untuk daerah 3 T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) dan antar pulau. Menurut dia, banyak masukan dan ajaran yang diterimanya dalam pertemuan tersebut.

Jadi, banyak yang sebetulnya saya pelajari, dari beliau Prof Haedar, kemudian juga dengan pengurus lain. Yang semuanya membuka wawasan kami, kata Andika.

Andika menuturkan, Muhammadiyah memiliki sumber daya yang memadai di berbagai bidang, salah satunya kesehatan dan pendidikan. Dia menyontohkan, jumlah rumah sakit yang berasa di bawah naungan Muhammadiyah lebih banyak ketimbang yang dimiliki TNI.

Saya punya rumah sakit di seluruh Indonesia, sedangkan Muhammadiyah punya 118, lebih banyak. Nah ini sudah memberi contoh bagaimana Muhammadiyah berperan dalam rangka meningkatkan SDM, kata Andika.


https://nasional.okezone.com/read/2022/05/23/337/2599003/sambangi-muhammadiyah-jenderal-andika-bahas-masalah-kebangsaan?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/05/23/337/2599003/sambangi-muhammadiyah-jenderal-andika-bahas-masalah-kebangsaan?page=1
Tokoh











Graph

Extracted

persons Abdul Mu’ti, Andika Perkasa, Anwar Abbas, Haedar Nashir, Sudirman,
ministries TNI,
organizations Muhammadiyah, NU, PBNU,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, PAPUA,
cities Menteng,