Cara Mengurus KTP Mualaf, Begini Langkah Mengganti Status Agama Secara Administratif

  • 23 Mei 2022 19:48:22
  • Views: 3

Suara.com - Baru-baru ini beberapa artis memutuskan untuk masuk ke agama Islam atau mualaf. Tahukah kalian bahwa pindah agama seperti menjadi mualaf juga perlu mengurus administratif, KTP? Lalu bagaimana cara mengurus KTP mualaf?

Setiap orang berhak untuk memilih dan memeluk agama menurut kepercayaan dan keyakinannya masing-masing, seperti memutuskan sebagai mualaf. Ketika akan berpindah agama, seseorang tidak hanya mengikuti syarat yang ditetapkan dalam agama, namun juga diharuskan memperhatikan prosedur mengurus dokumen negara, seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Maka dari itu cara mengurus KTP mualaf perlu disimak.

Ketika sudah sah menjadi mualaf, seseorang perlu untuk mengubah dokumen administratif negara baik Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan paspor untuk dapat diakui secara hukum. Prosedur perubahan agama dapat dilakukan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terdekat dengan membawa dokumen sebagai persyaratan.

Berikut ini cara mengurus KTP mualaf beserta berkas yang harus dipersiapkan. Simak ulasannya baik-baik.

Baca Juga: Sederet Aturan Baru KTP: Nama Tidak Boleh 1 Kata, Maksimal 60 Huruf, dan Gelar Pendidikan Boleh Dicantumkan

1. Berkas Persyaratan Mengurus KTP untuk Mualaf

Sebelum mengurus berkas ke Dukcapil wilayah setempat, adapun beberapa berkas sebagai persyaratan yang dapat terlebih dahulu dipersiapkan.

  • Surat Pengantar dari Kelurahan
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Sertifikat Mualaf dari KUA
  • Mengisi formulir perubahan biodata dan formulir permohonan KTP/KK
  • Membawa pas foto berukuran 3x4 sebanyak 3 lembar
  • Materai 10.000

2. Menuju Dukcapil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) berperan dalam pencatatan proses administrasi masyarakat. Kunjungi kantor Dukcapil terdekat dengan membawa berkas yang telah dipersiapkan.

3. Pengecekan Dokumen

Baca Juga: Aturan Baru Penulisan Nama di KTP, Tak Boleh 1 Kata dan Maksimal 60 Huruf

Petugas Dukcapil akan melakukan proses pengecekan dokumen sebagai persyaratan untuk mengurus KTP mualaf. Petugas memeriksa kelengkapan dokumen dan kamu diharuskan untuk mengikuti beberapa langkah sesuai arahan petugas dengan baik.


https://www.suara.com/news/2022/05/23/194335/cara-mengurus-ktp-mualaf-begini-langkah-mengganti-status-agama-secara-administratif

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/05/23/194335/cara-mengurus-ktp-mualaf-begini-langkah-mengganti-status-agama-secara-administratif
Tokoh

Graph

Extracted

religions Islam,
products KTP, Paspor,