Pastikan Bebas Penyakit Mulut dan Kuku, Berdikari Bakal Pasok Sapi Kurban dari Brasil

  • 23 Mei 2022 18:59:54
  • Views: 5

Liputan6.com, Jakarta - BUMN di sektor pangan PT Berdikari (Persero) bakal memasok sapi hidup dan daging sapi dari Brasil. Ini merespons merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku yang menjangkit hewan ternak.

Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara mengungkapkan impor yang dilakukan dari Brasil itu berlandaskan pada negara tersebut yang disebut bebas dari PMK. Langkah ini juga memastikan ketersediaan menjelang Idul Adha di dalam negeri.

Ia mengungkapkan realisasi dari penugasan dari pemerintah berupa daging sapi beku boneless asal Brasil sebanyak 20.000 Ton.

“Brasil negara yang sudah 15 tahun tidak ada kasus PMK. Beberapa zona memang masih pakai vaksin. Proses pemotongan dan pengiriman juga didahului dengan pemeriksaan lab untuk memastikan aman. Sampai di Indonesia juga diperiksa kembali oleh Badan Karantina Kementan RI, kata dia dalam keterangan resmi, Senin (23/5/2022).

Di samping itu, untuk amankan ketersediaan daging di pasaran Harry mengungkap Berdikari telah merealisasikan pemesanan lebih dari 7.000 ton.

“Berdikari telah realisasikan pemesanan lebih dari 7.000 ton dan akan mulai masuk pada pada akhir bulan Mei ini, kata dia.

Selain Brasil, Harry mengungkap importasi juga akan dilakukan dari Australia. Negara ini juga disebut sebagai negara yang bebas dari wabah PMK.

“Selain itu untuk penuhi kebutuhan konsumsi daging sapi, Berdikari pada tahun 2022 ini juga melakukan importasi sapi bakalan dari negara Australia, dimana negara Tersebut terdaftar sebagai negara bebas PMK, tambah Harry.

Perlu diketahui, Harry mengutip keterangan dari Kedutaan Besar Negara Brasil di Jakarta, Negara Brasil sendiri telah dinyatakan bebas dari PMK sejak tahun 2006 dengan menggunakan vaksinasi menyeluruh.

JBS dan Minerva sebagai pemasok daging sapi beku boneless sendiri telah mengantongi sertifikat halal dari Fambras Halal (MUI-nya Brasil) dan sertifikat kesehatan produk dan bebas PMK dari MAPA (Kementerian Pertanian-nya Brasil).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Wabah Penyakit Mulut dan Kuku hewan ternak nampaknya tidak hanya meresahkan peternak tetapi juga masyarakat secara luas yang kerap mengkonsumsi daging.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4969390/pastikan-bebas-penyakit-mulut-dan-kuku-berdikari-bakal-pasok-sapi-kurban-dari-brasil

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4969390/pastikan-bebas-penyakit-mulut-dan-kuku-berdikari-bakal-pasok-sapi-kurban-dari-brasil
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, WhatsApp,
ministries Kementan,
bumns Berdikari,
institutions MUI,
events Idul Adha 1441 Hijriah, vaksinasi,
products daging, vaksin,
nations Australia, Brasil, Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Depok,
animals Sapi,