Pemkab Serang Raih Opini WTP dari BPK 11 Kali Berturut-turut

  • 23 Mei 2022 18:54:17
  • Views: 5

Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Serang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Predikat WTP ini berhasil dipertahankan Pemkab Serang selama 11 kali berturut-turut.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Banten Novie Irawati Herni Purnama mengatakan predikat tersebut diberikan setelah memeriksa laporan keuangan pemerintah daerah. Dalam proses pemeriksaan, pihaknya menyoroti implementasi rencana aksi yang sudah dilakukan dan telah disampaikan.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan BPK atas laporan keuangan pemerintah daerah, termasuk implementasi rencana aksi yang sudah dilaksanakan dan telah disampaikan, BPK RI memberikan opini atas LKPD Pemerintah Kabupaten Serang tahun anggaran 2021 dengan opini, wajar tanpa pengecualian, kata Novie dalam keterangan tertulis, Senin (23/5/2022).

BPK memberikan saran agar persoalan defisit anggaran akibat dampak COVID-19 agar bisa diselesaikan oleh Pemkab Serang dengan melakukan penyesuaian mekanisme anggaran perubahan tahun 2022. Pemkab Serang wajib menindaklanjuti seluruh rekomendasi yang diberikan oleh BPK selambat-lambatnya 60 hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima.

Kami harapkan bisa menjadi pertimbangan untuk menyesuaikan kondisi keuangan daerah, jelasnya.

Di sisi lain, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti rekomendasi BPK terkait pemeriksaan LKPD tahun anggaran 2021 tersebut.

Tentu semua rekomendasi segera ditindaklanjuti oleh kami, untuk selanjutnya dilaksanakan oleh Pemkab Serang, katanya.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berterima kasih karena BPK telah memberikan opini terbaik kepada Pemkab Serang.

Kami telah menyusun rencana aksi terhadap temuan atau catatan dari BPK RI dan akan diselesaikan sesuai ketentuan, katanya.

Menurutnya, pencapaian tersebut bisa menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemkab Serang untuk lebih bekerja keras dalam mengelola anggaran sesuai aturan yang berlaku.

Opini WTP dari BPK ini harus terus menjadi motivasi seluruh jajaran Pemkab Serang agar selalu bekerja keras melaksanaan proses pelaksanaan anggaran dengan baik dan sesuai perundang-undangan yang berlaku, pungkasnya.

(akd/ega)

https://news.detik.com/berita/d-6091873/pemkab-serang-raih-opini-wtp-dari-bpk-11-kali-berturut-turut

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6091873/pemkab-serang-raih-opini-wtp-dari-bpk-11-kali-berturut-turut
Tokoh







Graph

Extracted

persons Bahrul Ulum, Irawati, Ratu Tatu Chasanah,
ministries BPK, DPRD,
places BANTEN, DKI Jakarta,
cities Serang,
cases covid-19,