Volkswagen Dirikan Pabrik Kedua di Jerman untuk Produksi Kendaraan Listrik

  • 23 Mei 2022 18:11:06
  • Views: 10

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Volkswagen (VW) memperluas jaringan produksi globalnya untuk kendaraan listrik (EV) dengan mulai memproduksi model ID.4 full electric di pabrik barunya di Emden, Jerman.

Menurut greencarcongress.com, Senin (23/5/2022), pabrik di Emden merupakan pabrik kedua milik Volkswagen setelah Zwickau yang memproduksi kendaraan listrik di Jerman.

Selain itu, pabrik di Chattanooga dan Hanover juga akan memulai produksi tahun ini.

Pabrik Volkswagen di Emden dilengkapi dengan peralatan dan teknologi tingkat tinggi pertama yang digunakan untuk mobilitas listrik di Lower Saxony.

Volkswagen menginvestasikan total 21 miliar Euro di Lower Saxony hingga 2026 dan menjadikan negara bagian Federal Jerman itu sebagai pusat mobilitas listrik.

Selain memproduksi mobil listrik ID.4, pabrik di Emden akan memproduksi model kendaraan listrik VW lainnya seperti Aero B yang akan dimulai tahun depan.

Baca juga: Mahindra dan Volkswagen Jalin Kerja Sama untuk Komponen Kendaraan Listrik

Produksi mobil listrik ID ikonik Buzz akan dimulai tahun ini di Volkswagen Commercial Vehicles di Hanover.

Volkswagen juga berinvestasi di Braunschweig, Salzgitter dan Kassel, dalam hal perluasan produksi sistem baterai, rotor atau stator, dan motor listrik MEB.

Kapasitas produksi maksimum Emden pada akhir 2022 akan menjadi 800 unit per hari kerja, tergantung situasi pasokan.

Baca juga: Saingi Tesla, Volkswagen Siap Memproduksi 800.000 Mobil Listrik Tahun Ini

Enam ruang produksi, dan lima jembatan konveyor baru, serta bangunan logistik di atas total area sekitar 125.000 meter persegi telah dibuat sebagai bagian dari konversi pabrik.

Sementara itu, produksi mobil listrik untuk pasar AS akan dimulai di Chattanooga pada musim gugur dan jaringan produksi global akan berkembang menjadi lima lokasi.

Pada kuartal pertama tahun 2022, Volkswagen telah mengirimkan lebih dari 30.000 unit SUV listrik ID.4.

Baca juga: Volkswagen Siap Luncurkan Mobil Listrik Murah

Di banyak pasar, SUV listrik melonjak ke puncak grafik penjualan di tahun pertama dan merupakan kendaraan listrik dengan penjualan terbaik di negara-negara seperti Denmark, Finlandia, Irlandia, atau Swedia.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/23/volkswagen-dirikan-pabrik-kedua-di-jerman-untuk-produksi-kendaraan-listrik

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/23/volkswagen-dirikan-pabrik-kedua-di-jerman-untuk-produksi-kendaraan-listrik
Tokoh

Graph

Extracted

topics Listrik,
products kendaraan listrik,
nations Denmark, Finlandia, Irlandia, Jerman, Swedia,
cities Washington,
transportations mobil listrik,
brands Tesla, Volkswagen,