Dukung Mobilitas Pedesaan, AMMDes Gagah Terjang Segala Medan

  • 23 Mei 2022 18:11:19
  • Views: 6

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), mobil asli Indonesia buatan dari PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) berhasil mendukung mobilitas masyarakat di desa.

Direktur KMWI Donny Novanda, menjelaskan AMMDes merupakan inovasi teknologi anak bangsa yang dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri.

Alat mekanis multiguna ini dilengkapi mesin 14 hp, Power Take Off (PTO), Differential Lock dan Double Wishbone.

Baca juga: Mobil Buatan Indonesia AMMDes Tampil di Pameran Internasional

Jadi, AMMDes bisa berfungsi sebagai transportasi untuk daerah yang minim infrastruktur dan daerah dengan topografi ekstrim yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan pada umumnya, sekaligus sebagai alat produksi yang dapat dikombinasikan dengan berbagai alat produksi dan alat bantu lainnya, tutur Donny.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian R. Hendro Martono, menyampaikan sejak diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 lalu, kehadiran AMMDes terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah.

AMMDes membuka peluang bagi pelaku industri dalam negeri untuk menguasai kemampuan teknologi bidang penelitian dan pengembangan, serta rancang bangun.

Hingga saat ini, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) AMMDes telah mencapai lebih dari 40 persen dan melibatkan 70 industri komponen yang sebagian besar merupakan sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM), ungkap Hendro, Senin (23/5/2022).

Saat ini, AMMDes tengah unjuk gigi di pameran Internasional Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) 2022 di Nusa Dua Bali, selama 23-28 Mei 2022.

Baca juga: Hyundai Berencana Bangun Pabrik Baterai dan Mobil Listrik di Amerika Serikat

Mengusung tema “Reinforce Our Future, From Indonesia to the World, ADEXCO merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan seluruh elemen bangsa terkait pemanfaatan teknologi dalam sebuah penanganan bencana.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/23/dukung-mobilitas-pedesaan-ammdes-gagah-terjang-segala-medan

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/05/23/dukung-mobilitas-pedesaan-ammdes-gagah-terjang-segala-medan
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
ministries kemenperin,
topics Listrik, TKDN,
nations Amerika Serikat, Indonesia,
places Sumatera Utara,
transportations mobil listrik,
brands Hyundai,