KPK Pelajari Laporan Dugaan Korupsi PT Merpati Nusantara Airlines

  • 23 Mei 2022 18:08:59
  • Views: 10

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima laporan dugaan korupsi dalam proses kepengurusan PT Merpati Airlines. Lembaga Antikorupsi bakal memverifikasi laporan tersebut.
 
Kami akan menindaklanjuti setiap laporan masyarakat tersebut. Tentu dengan lebih dahulu melakukan verifikasi dan telaah terhadap data laporan ini, kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin, 23 Mei 2022.
 
Ali mengatakan tahap verifikasi dibutuhkan untuk menentukan nasib laporan itu. Jika tidak ada bukti kuat, laporan itu bakal diarsipkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK juga secara proaktif akan menelusuri dan melakukan pengumpulan berbagai keterangan dan informasi tambahan untuk melengkapi aduan yang dilaporkan, ujar Ali.
 
Proses verifikasi juga dibutuhkan untuk mendalami kewenangan KPK dalam laporan itu. Jika bukan kewenangan KPK, laporan bakal diserahkan ke penegak hukum lainnya.
 
Baca: Kepengurusan PT Merpati Nusantara Airlines Dilaporkan ke KPK
 
KPK berterima kasih kepada pihak yang sudah melaporkan dugaan korupsi tersebut. Laporan itu dinilai sebagai bukti adanya keaktifan masyarakat dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.
 
Untuk itu KPK mengapresiasi pihak-pihak yang terus gigih mengambil peran dalam upaya pemberantasan korupsi, tutur Ali.
 
Sistem kepengurusan PT Merpati Nusantara Airlines dilaporkan ke KPK. Pelapor menduga ada praktik korupsi dalam proses kepengurusan perusahaan pelat merah itu.
 
Kenapa kami melaporkan? Berdasarkan data dari panitia kerja Komisi VI DPR RI ada dugaan tindak pidana korupsi, kolusi, dan nepotisme yang diduga terjadi di kepengurusan PT Merpati Nusantara Airlines, kata Kuasa hukum Tim advokasi paguyuban mantan Pilot PT Merpati Nusantara Airlines Lamsihar Rumahorbo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin, 23 Mei 2022.
 
Lamsihar menduga ada permainan yang dilakukan oleh jajaran direksi dari dana pensiun PT Merpati Nusantara Airlines. Dugaan korupsi ini juga diyakini sebagai penyebab tidak adanya lagi maskapai Merpati Nusantara yang mengudara.
 

(AGA)


https://www.medcom.id/nasional/hukum/aNrv8wzN-kpk-pelajari-laporan-dugaan-korupsi-pt-merpati-nusantara-airlines

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/hukum/aNrv8wzN-kpk-pelajari-laporan-dugaan-korupsi-pt-merpati-nusantara-airlines
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ali Fikri,
companies ADA, Dana,
ministries DPR RI, Komisi VI DPR, KPK,
fasums Gedung Merah Putih KPK,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases korupsi, nepotisme, Tipikor,