Stasiun MRT Jakarta di Dekat Stasiun Beos, Ini Penggalan Masa Lalunya

  • 23 Mei 2022 18:03:58
  • Views: 7

TEMPO.CO, Jakarta - Februari 2022, PT MRT Jakarta dan Ikatan Arsitek Indonesia mengadakan Sayembara Konsep dan Skematik Desain Stasiun Kota MRT Jakarta. Pada 27 Maret tiga finalis terpilh, dan pemenangnya adalah desain Labo dalam karya berjudul Dwara Batavia.

Dwara Batavia bermakna gerbang di wilayah Kota Tua Jakarta yang lokasinya memang dekat stasiun kereta api Beos atau Stasiun Jakarta Kota. Rancangannya memiliki bentuk lengkungan khas seperti lengkungan-lengkungan Stasiun Beos. Stasiun MRT ini diperkirakan selesai pada Agustus 2027.

“Tanggapan positif publik cukup banyak di media sosial dan mereka menunggu kapan direalisasi seperti konsepnya, kata Ketua Tim sekaligus pendiri Labo, Deddy Wahjudi, seperi ditulis Koran Tempo, edisi 23 April 2022

Stasiun Beos terletak di kawasan Kota Tua Jakarta dan dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda. Laman 
cagarbudaya.kemdikbud.go.id, menyatakan Stasiun Beos selesai dibangun pada 19 Agustus 1929, karya arsitek Belanda kelahiran Tulungagung, Jawa Timur, Frans Johan Louwrens Ghijsels.

Laman Heritage KAI (Kereta Api Indonesia) menulis bahwa nama stasiun itu adalah kependekan Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij atau Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur. Stasiun yang dikenal juga dikenal sebagai Stasiun Jakarta Kota telah ditetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya melalui SK Gubernur tahun 1993 dan SK Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Konsep Ghijsels untuk Stasiun Beos dikenal dengan ungkapan Het Indische Bouwen, yakni paduan struktur dan teknik modern barat dengan bentuk-bentuk tradisional setempat. Dibalut gaya art deco yang kental, stasiun Beos tampil bersahaja. 


https://metro.tempo.co/read/1594379/stasiun-mrt-jakarta-di-dekat-stasiun-beos-ini-penggalan-masa-lalunya

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1594379/stasiun-mrt-jakarta-di-dekat-stasiun-beos-ini-penggalan-masa-lalunya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kai,
companies PT MRT Jakarta,
ministries Kemdikbud,
organizations API,
products MRT,
nations Belanda, Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TIMUR,
cities bandung, Tulungagung,
musicclubs APRIL,