Bicara Soal EBT dan Energi Hijau, Menteri Bahlil Tekankan Kolaborasi Antarnegara

  • 23 Mei 2022 17:45:04
  • Views: 4

Bisnis.com, JAKARTA -  Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyampaikan, pihaknya akan fokus pada isu-isu global terkait green energy dan green industry. Namun, diperlukan kolaborasi antar negara guna dapat menghadapi isu-isu tersebut.  

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan, regulasi di Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya untuk investasi di green industry maupun energi baru terbarukan (EBT) sudah sangat baik.

Kendati demikian, menurut  Bahlil sudah saatnya agar setiap negara melakukan kolaborasi.

Menurut saya ke depan, kalau kita ingin menyelesaikan persoalan global dalam konteks green industry dan EBT,  harus ada kolaborasi, kata Bahlil dalam Indonesia Pavilion: Indonesia Economic Outlook 2022 and The G20 Presidency, Senin (23/5/2022).

Pelarangan ekspor nickel ore atau biji nikel misalnya. Bahlil menyampaikan, ketika Indonesia pertama kali mengumumkan pelarangan ekspor nickel ore, beberapa negara Eropa melaporkan Indonesia ke WTO.

Namun, Bahlil menjelaskan, larangan ekspor tersebut bertujuan untuk mencapai visi besar dunia dalam mengendalikan lingkungan.

Untuk itu kami membangun, menyetok nickel ore untuk membangun ekosistem baterai mobil, dari hulu ke hilir. Ini yang sekarang kita lakukan, jelas Bahlil.

Contoh lainnya, ketika Indonesia diminta untuk tidak lagi menggunakan batubara. Indonesia kemudian melarang ekspor batubara, namun ada beberapa negara yang meminta agar pelarangan tersebut tidak dilakukan.

Ketika kami melarang ekspor sebagian negara meminta. Ini jadi mana yang benar, ujar dia.

Oleh karena itu, Bahlil menegaskan, kolaborasi merupakan kunci untuk menyukseskan program dunia maupun masing-masing negara terkait green energy dan green industry. Sehingga, tidak boleh ada satu negara yang merasa lebih hebat dari negara lain.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :


Konten Premium Masuk / Daftar

https://ekonomi.bisnis.com/read/20220523/9/1536009/bicara-soal-ebt-dan-energi-hijau-menteri-bahlil-tekankan-kolaborasi-antarnegara

Sumber: https://ekonomi.bisnis.com/read/20220523/9/1536009/bicara-soal-ebt-dan-energi-hijau-menteri-bahlil-tekankan-kolaborasi-antarnegara
Tokoh



Graph

Extracted

persons Bahlil Lahadalia,
companies ADA, WhatsApp,
ministries Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), BKPM,
bumns BTN,
topics ekspor,
products batubara,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,