Scott Morrison Ucapkan Selamat pada Anthony Albanese

  • 23 Mei 2022 17:03:22
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Perdana Menteri Australia Scott Morrion mengakui kekalahannya dalam pemilu federal pada Sabtu kemarin, 21 Mei 2022. Morrion kalah dari Ketua Partai Buruh Anthony Albanese, yang sekarang menjadi Perdana Menteri Australia yang baru.

Sebagai bentuk penerimaan atas kekalahannya, Morrison mengucapkan selamat pada Albanese atas kemenangannya lewat pidatonya di kantor pusat Partai Liberal di Sydney. Dalam kesempatan itu, Morrison pun mengungkap akan mundur sebagai Ketua Partai Liberal.

“Pada malam seperti malam ini, tepat untuk mengakui berfungsinya demokrasi kita. Saya selalu percaya pada masyarakat Austaralia dan penilaian mereka. Saya pun selalu siap menerima penilaian mereka dan malam ini saya telah menerima keputusan mereka, kata Morrison.

Perdana Menteri petahana Australia Scott Morrison dan Pemimpin Oposisi Anthony Albanese berdebat di televisi langsung menjelang pemilihan federal 2022, di Sydney, Australia 8 Mei 2022. James Brickwood/Pool via REUTERS

Partai Liberal kehilangan lebih dari 12 kursi selama pemilihan. Sedangkan Partai Buruh unggul dengan mengamankan setidaknya 72 kursi dari total 151 kursi yang diperebutkan.

Dengan kekalahan ini, maka Morrison hanya satu periode menjabat sebagai Perdana Menteri Australia. Morrison bukan satu-satunya tokoh di Partai Liberal, yang kalah dalam pemilihan. Mantan Menteri Keuangan Josh Frydenberg, juga harus meninggalkan jabatannya setelah dia dipandang sebagai penerus Morrison.

Pemerintahan Morrison beraliran konservatif. Kepemimpinan Morrison mendapat sorotan karena dianggap menangani pandemi Covidd-19 dengan buruk, begitu juga bencana alam, khususnya musibah kebakaran yang terjadi sebelum pandemi Covid-19.   

Sementara itu, Albanese pun berterima kasih pada konstituennya karena mau memilih perubahan. Dalam pidato kemenangannya, dia berjanji akan mengatasi masalah iklim, membentuk komisi nasional anti-korupsi, memperkuat jaring pengaman kesehatan dan perawatan lansia serta menjadikan Australia sebagai negara yang unggul dalam hal energi terbarukan. Kemenangan Albanese adalah kemenangan pertama Partai Buruh sejak 2007.

  

Sumber : RT.com

Baca juga: Anthony Albanese Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.

       


https://dunia.tempo.co/read/1594254/scott-morrison-ucapkan-selamat-pada-anthony-albanese

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1594254/scott-morrison-ucapkan-selamat-pada-anthony-albanese
Tokoh



Graph

Extracted

persons Scott Morrison,
companies Google, Reuters, Twitter,
topics Buruh,
nations Australia,
places DKI Jakarta,
cities Sydney,
cases covid-19, kebakaran, korupsi,