Sampah di Kota Depok Melonjak hingga Mencapai 1.100 Ton per Hari

  • 23 Mei 2022 16:49:25
  • Views: 4

Liputan6.com, Depok - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Kota Depok telah mengalami over kapasitas dan kerap mengalami longsor. Tercatat, TPA Cipayung mendapatkan pengiriman sampah mencapai 1.100 ton per hari.

Kepala UPT TPA Cipayung, Dadan Ardan Kurniawan mengatakan, TPA Cipayung telah mengalami over kapasitas untuk menampung sampah di Kota Depok. Hal itu dikarenakan terjadi peningkatan jumlah sampah yang diangkut ke TPA Cipayung setelah Idul Fitri tahun ini.

“Ada peningkatan yang sebelumnya 900 sampai 1.000 ton, kini 1.100 ton per hari, ujar Ardan saat ditemui Liputan6.com, Senin (23/5/2022).

Ardan menjelaskan, peningkatan sampah di TPA Cipayung berdampak terhadap kapasitas penampungan sampah. Berdasarkan luas lahan di TPA Cipayung, dapat menampung sampah sebanyak 1.300.000 meter kubik.

“Namun kondisi saat ini TPA Cipayung menampung sampah sebanyak 2.500.000 meter kubik, jelas Ardan.

Ardan mengungkapkan, akibat volume sampah yang meningkat, ketinggian sampah di TPA Cipayung mencapai 23 meter. Bahkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah melakukan monitoring ke TPA Cipayung untuk melihat secara langsung kondisi TPA Cipayung.

“Mereka datang dalam rangka penanganan yang kami usulkan ke Provinsi itu yakni sewa alat untuk penataan TPA Cipayung, ungkap Ardan.

Sebelumnya, TPA Cipayung telah beberapa kali mengalami longsor. Hal itu terjadi saat musim penghujan yang terjadi beberapa waktu lalu sehingga curah hujan menggeser sampah di TPA Cipayung. Akibat longsor, terjadi antrean kendaraan sampah di TPA cipayung dan pelayanan sempat terganggu.

“Alhamdulillah semua sudah normal kembali, ucap Ardan.

Ardan menuturkan, antisipasi telah dilakukan TPA Cipayung untuk memaksimalkan lokasi pembuangan untuk menampung sampah. Namun secara realitas untuk penanganan sampah dan mengingat daya tampung sudah melebihi kapasitas, diperlukan segera pengalihan pembuangan sampah ke TPPAS Lulut Nambo.

“Realistis itu adalah pengalihan pembuangan ke TPPAS Nambo, berhubung ada sesuatu hal yang memang kita tidak bisa secepatnya membuang ke Nambo, pungkas Ardan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tumpukan sampah terlihat menggunung di wilayah Cisauk, Depok, Jawa Barat. Tumpukkan sampah itu pun mulai meresahkan dan mengganggu warga sekitar.


https://www.liputan6.com/news/read/4969272/sampah-di-kota-depok-melonjak-hingga-mencapai-1100-ton-per-hari

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4969272/sampah-di-kota-depok-melonjak-hingga-mencapai-1100-ton-per-hari
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, WhatsApp,
topics longsor,
places JAWA BARAT,
cities Cipayung, Depok,