Pakar Sebut Gibran Rakabuming Punya Kans Menang Pilkada DKI, Jika...

  • 23 Mei 2022 15:04:50
  • Views: 14

TEMPO.CO, Jakarta - Pakar politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyebut Gibran Rakabuming Raka memiliki kans menang Pilkada DKI Jakarta 2024. Jalan Wali Kota Solo itu ke Ibu Kota bakal terbuka jika Penjabat (Pj) Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan adalah orangnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Kemungkinan jika Pj yang ditunjuk siapapun dia merupakan orangnya Jokowi. Kalau sudah begitu, jika Gibran maju, kans menangnya ada, ujar Ujang kepada Tempo pada Senin, 23 Mei 2022.

Selain itu, Jokowi juga masih menjabat sebagai presiden hingga Oktober 2024, sementara Pilkada digelar November 2024. Hanya jeda sebulan, katanya.

Namun saat ini kondisi peta politik masih belum jelas. Elektabilitas tokoh yang masuk ke bursa Cagub DKI juga belum terlihat. Pasangan calon juga belum jelas, begitu pula partai koalisinya.

Jadi saat ini sih semuanya masih punya peluang yang sama, siapapun dia, tutur Ujang.

Pemilihan kepala daerah atau Pilkada akan dilakukan secara serentak pada November 2024. Meski masih dua tahun lagi pesta demokrasi itu digelar, beberapa bakal calon gubernur DKI juga telah muncul dalam bursa nama.

Nama putra sulung Presiden Jokowi itu dinilai mulai dilirik oleh sejumlah partai politik untuk maju pada Pilkada 2024. Gibran itu sempat ditemui sejumlah elite politik.

Dia bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

Nama lain dalam bursa pengganti Anies Baswedan juga ada Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. Selain menyiapkan Prabowo Subianto sebagai capres, Gerindra juga menyiapkan Riza untuk Pilkada DKI. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani telah menyampaikan perihal ini.

Selain Gibran dan Riza Patria, mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang sempat disebut oleh politikus Gerindra, Mohammad Taufik. Dia menyebut Airin berpeluang maju di pemilihan gubernur DKI Jakarta. Pengalaman Airin cukup mumpuni karena sudah pernah memimpin daerah selama 10 tahun di Tangerang Selatan, dan ikut dalam kontestasi politik.

Baca juga: Pakar Politik Sebut Jika Gibran Ikut Pilkada DKI 2024 Pertarungan Akan Ketat


https://metro.tempo.co/read/1594309/pakar-sebut-gibran-rakabuming-punya-kans-menang-pilkada-dki-jika

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1594309/pakar-sebut-gibran-rakabuming-punya-kans-menang-pilkada-dki-jika
Tokoh



















Graph