Dahlan Iskan Sebut Lin Che Wei Sebagai Penyebab Turunnya Reputasi Jokowi!

  • 23 Mei 2022 14:47:30
  • Views: 4

AKURAT.CO, Pemerintah mengizinkan ekspor kembali sebelumnya sudah ditebak oleh mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang menilai dari gelagat Presiden Jokowi lantaran mulai mengecek harga pasaran minyak goreng di pasar tradisional tempo hari lalu. 

Dahlan Iskan pun juga menilai pencabutan larangan tersebut harus dilakukan karena harga minyak goreng sudah tidak bisa ditekan lagi ke level Rp14.000 per kilogram. Menurutnya, bila larangan tersebut masih dilanjutkan, buntutnya akan panjang dan akan terjadi kekacauan di pasar domestik.

Para petani biasanya menjual paksa sawit yang dipanen meskipun dengan harga lebih murah. Ditambah dengan kebijakan larangan ekspor Crude Palm Oil (CPO) tersebut, harga sawit terus menurun. Kata Dahlan terakhir harga dari tandan buah segar (TBS) sendiri hanya berkisar di Rp1.600/kg, dari larangan ekspor dilakukan harga TBS sendiri mencapai Rp2.400/kg. 

baca juga:

Harga sekitar Rp1.600/kg itu tidak bagus lagi, ucapnya.

Walhasil, tutur Dahlan, harga bahan baku minyak goreng tidak lagi bisa disebut murah. Oleh karena itu, target harga minyak goreng curah Rp14.000 per liter tidak dapat tercapai.

Pun lewat mekanisme pasar. Juga lewat mekanisme sapu jagat, ujarnya.

Dahlan Iskan juga mengatakan kebijakan Domestic Market Obligation dan Domestic Price Obligation yang diberlakukan oleh pemerintah sebenarnya juga sudah baik, tapi pelaksanaannya masih perlu diawasi dan disertai dengan pemberian bantuan langsung tunai atau BLT bagi masyarakat yang kurang mampu dan BLT minyak goreng.

Di tulisannya, Dahlan Iskan juga menyinggung Lin Che Wei yang terseret dalam kasus minyak goreng ini. Penasihat Kebijakan dan Analisa Independent Research dan Advisory Indonesia (IRAI) ini ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung pada Selasa lalu, 17 Mei 2022. Menurut Dahlan Iskan, walaupun Lin Che Wei langsung sampai ditahan, berarti terdapat hal yang serius menyangkut pemerintahan.

“Kasus ini kelihatannya tidak berat. Tapi karena ini menyangkut reputasi Presiden Jokowi–yang sampai membuat rating-nya turun lebih 10 persen bisa jadi ini sangat serius, kata Dahlan Iskan.

Seperti yang diketahui, Lin Che Wei alias WH berperan sebagai orang yang mengkondisikan pemberian izin untuk persetujuan ekspor (PE) di beberapa perusahaan.

“Dalam perkara ini, peran tersangka, yaitu tersangka bersama-sama dengan tersangka IWW (Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI) mengkondisikan pemberian izin Persetujuan Ekspor (PE) di beberapa perusahaan, ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana. 

Untuk mempercepat proses penyidikan, Lin Che Wei alias WH ditahan di Rumah Tahanan Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat selama 20 hari terhitung sejak 17 Mei 2022 hingga 05 Juni 2022.

Perbuatan Lin Che Wei disangka melanggar Pasal 2 jo. Pasal 3 jo. Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang No. 20/2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.[]


https://akurat.co/dahlan-iskan-sebut-lin-che-wei-sebagai-penyebab-turunnya-reputasi-jokowi

Sumber: https://akurat.co/dahlan-iskan-sebut-lin-che-wei-sebagai-penyebab-turunnya-reputasi-jokowi
Tokoh









Graph