Plat Nomor Putih Kapan Berlaku? Begini Nasib Plat Hitam dan Tujuan Aturan Tersebut

  • 23 Mei 2022 13:48:23
  • Views: 15

Suara.com - Kebijakan baru bahwa plat nomor kendaraan pribadi yang semula berwarna dasar hitam dengan tulisan putih akan menjadi putih dengan tulisan hitam. Lantas, aturan plat nomor putih kapan berlaku?

Perubahan aturan ini sebagaimana disampaikan oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), yang merencanakan pergantian warna dasar tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) dari hitam ke putih. Untuk anda yang penasaran kebijakan plat nomor putih kapan berlaku, simak penjelasan berikut.

Plat Nomor Putih Kapan Berlaku? 

Rencananya, perubahan tersebut akan dimulai pada bulan Juni 2022 mendatang. Dirregident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus mengatakan bahwa sebagai tahap awal kebijakan penggantian plat nomor akan diterapkan pada beberapa jenis kendaraan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Plat Warna Putih untuk Kendaraan Bermotor

Dengan kata lain, kendaraan plat hitam yang masa berlakunya belum habis tahun ini tetap akan seperti biasa, alias tidak perlu melakukan pergantian lebih dulu. Pihak kepolisian akan memprioritaskan kendaraan yang baru diregistrasi, dan kendaraan yang sudah waktunya berganti nomor atau pajak lima tahunan.

Jadi pergantian warna plat hitam menjadi putih ini nantinya tidak ada biaya tambahan. Masyarakat tidak perlu khawatir mengenai biaya tambahan yang akan dikeluarkan pada saat melakukan pergantian warna plat nomor dari hitam menjadi putih ini.

Masyarakat juga tidak perlu khawatir bahwa perubahan ini akan berujung pada kenaikan biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Sebab, PNPB-nya masih mengacu pada peraturan Pemerintah nomor 76/2020.

Plat Nomor Hitam Tetap Legal

Meskipun plat nomor warna putih dan tulisan hitam akan diterapkan, namun penggunaan plat nomor kelir hitam pada masa transisi dipastikan tetap legal. Dengan catatan, pemilik kendaraan menjalankan semua kewajiban yang berkaitan dengan kepemilikan kendaraan bermotor, contohnya membayar pajak.

Baca Juga: Mulai Berlaku Juni, Mengapa Warna Plat Nomor Hitam Diubah Menjadi Putih?

Tujuan Perubahan Warna Plat Nomor


https://www.suara.com/news/2022/05/23/133000/plat-nomor-putih-kapan-berlaku-begini-nasib-plat-hitam-dan-tujuan-aturan-tersebut

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/05/23/133000/plat-nomor-putih-kapan-berlaku-begini-nasib-plat-hitam-dan-tujuan-aturan-tersebut
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kombes Pol Yusri Yunus,
companies ADA,
ministries Polisi,
products PNBP,
nations Indonesia,