Hadiri Apel Kesiapan Pemilu, Wagub DKI Pesan Warga Tolak Praktik Politik Uang

  • 23 Mei 2022 13:18:32
  • Views: 11

MerahPutih.com - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi DKI Jakarta menggelar apel Siaga Kesiapan Pengawas Pemilu di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, Senin (23/5) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Dalam kesempatan tersebut Riza mengatakan, kompleksitas dalam skenario Pemilu Serentak 2024 dapat diantisipasi secara kelembagaan dengan lebih serius dan sistematis guna menjaga stabilitas.

Dengan kesiapan yang matang dan disertai dengan evaluasi diri, insyaallah kita akan dapat mengantisipasi berbagai tantangan dan masalah yang terjadi pada saat berlangsungnya pelaksanaan kampanye hingga pemilu, papar Riza saat sambutan, Senin (23/5).

Baca Juga:

Dasco Minta Komisi II Kaji Penggunaan Kotak Suara Kardus di Pemilu 2024

Kegiatan ini, diharapkan Riza dapat dijadikan momentum untuk melakukan edukasi kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kepedulian publik, sekaligus bisa mendorong mereka untuk berpartisipasi pada pelaksanaan pemilu secara aktif dan bertanggung jawab. Proses edukasi ini dapat dilakukan dengan mendorong masyarakat untuk ikut terlibat mencegah dan menolak segala bentuk pelanggaran pemilu, termasuk politik uang.

Seperti halnya praktik politik uang yang kerap terjadi. Tentunya ini bukan pekerjaan mudah, tapi saya yakin kita bisa wujudkan yang terbaik dalam Pemilu 2024, jelas Riza.

Berbicara tentang perkembangan demokrasi di Indonesia, khususnya Jakarta, Riza menyatakan ibu kota adalah provinsi paling demokratis selama empat tahun berturut-turut (quattrick) sejak tahun 2017 hingga 2020, walaupun dalam perjalanannya masih terjadi fluktuasi.

Namun begitu, kata dia, Jakarta sebagai kota kolaborasi yang dinamis tentunya akan terus berusaha menjaga kepercayaan itu.

Apalagi, sebagai pusat bisnis, pusat media, dan perdagangan, Jakarta bisa disebut sebagai salah satu daerah yang paling banyak mendapatkan spotlight perhatian dari berbagai media terkait persiapan dan kelangsungan pelaksanaan pemilu, jelas Riza.

Baca Juga:

AHY Konsolidasikan Partai Demokrat di Jawa Barat Menang pada Pemilu 2024

Melihat hal tersebut, segala sesuatu yang berkaitan untuk mendukung kelangsungan pemilu harus dipersiapkan dengan baik, mulai dari perencanaan program dan anggaran, penyusunan peraturan, hingga pemutakhiran data pemilih yang selalu menjadi perhatian oleh pengamat.

Pada kesempatan yang sama, Wagub Ariza menegaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan sebaik-baiknya. Ia juga memberikan dukungan semangat kepada para pengawas Pemilu 2024 dan semua pihak yang terlibat dalam menyiapkan pemilu secara optimal.

Sehingga nantinya dapat terlaksana dengan lancar, demokratis dan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang benar-benar amanah dalam bekerja demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, ungkapnya. Indonesia akan menyelenggarakan pemilu dan pilkada secara serentak dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. Tahapan pemilu akan dimulai 20 bulan sebelum ditetapkan hari pemungutan suara.

Hal itu berarti tahapan Pemilu Serentak tahun 2024 dimulai pada 14 Juni 2022. Dengan beban tugas dan target melaksanakan rencana pemilu yang tinggi, lanjut Riza, maka ada beberapa faktor yang patut dipertimbangkan dan menuntut perhatian semua pihak, khususnya penyelenggara. (Asp)

Baca Juga:

Pekan Depan, DPR-KPU-Pemerintah Putuskan Tahapan Pemilu 2024


https://merahputih.com/post/read/hadiri-apel-kesiapan-pemilu-wagub-dki-pesan-warga-tolak-praktik-politik-uang

Sumber: https://merahputih.com/post/read/hadiri-apel-kesiapan-pemilu-wagub-dki-pesan-warga-tolak-praktik-politik-uang
Tokoh





Graph

Extracted

persons A Riza Patria, Agus Harimurti Yudhoyono,
companies ADA,
ministries Bawaslu, DPR RI, KPU, Pemprov DKI Jakarta,
parties Demokrat,
topics Pemilu 2024,
events Pilkada Serentak,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Tebet,