BMKG Sebut 24,56 Persen Wilayah Indonesia Masuk Musim Kemarau

  • 23 Mei 2022 13:06:43
  • Views: 5

IDXChannel - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan saat ini sebanyak 24,56% Zona Musim (ZOM) yang ada di wilayah Indonesia masuk musim kemarau. Monitoring hari tanpa hujan atau deret hari kering ini dilakukan di 3.571 Pos pengamatan hujan di Indonesia. 

“Waspada dampak kurang hujan. Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 24,56% wilayah Indonesia sudah masuk musim kemarau, kata BMKG lewat akun media sosial resminya, Senin (23/5/2022).

Tercatat satu daerah tidak mengalami hujan lebih dari 2 bulan atau kategori ekstrem. Kemudian, kekeringan sangat panjang terdapat di 10 lokasi, kekeringan panjang di 17 lokasi, kekeringan menengah ada di 74 lokasi. Sementara itu kekeringan pendek 242 lokasi, sangat pendek 1.255 lokasi. Dan wilayah yang masih mengalami hujan ada di 1.972 lokasi.  

BMKG mencatat wilayah yang sedang mengalami musim kemarau meliputi Aceh bagian utara dan timur, pesisir utara Banten, pesisir utara Jawa Barat, Sebagian Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur.

Kemudian, sebagian Bali, sebagian besar NTB, sebagian besar NTT, sebagian Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat bagian timur, Sulawesi Tengah bagian barat, Sulawesi Utara bagian selatan dan Papua Barat bagian utara.

Sementara itu, daerah yang sudah lama tidak mengalami hujan hingga berada pada kategori panjang ekstrem yakni ada di Nusa Tenggara Timur tepatnya di Rambangaru, Sumba Timur dengan lama 62 hari.

BMKG pun mengingatkan agar hemat dan menggunakan air dengan bijak. “Hemat dan gunakan air secara bijak. Supaya dampak kekeringan akibat kemarau bisa kita hadapi bersama.

(NDA)


https://www.idxchannel.com/economics/bmkg-sebut-2456-persen-wilayah-indonesia-masuk-musim-kemarau

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/bmkg-sebut-2456-persen-wilayah-indonesia-masuk-musim-kemarau
Tokoh

Graph