Bursa Saham Global Anjlok, Harta Miliarder Elon Musk Merosot 49 Miliar Dolar AS

  • 23 Mei 2022 13:07:11
  • Views: 6

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Di tengah kesibukan Elon Musk pada Rabu (18/5/2022) lalu untuk mengumumkan perubahan dan kecenderungan politiknya, harga saham Tesla merosot ke level terendahnya tahun ini dan menggerus kekayaan bersih Musk sebesar 12,3 miliar dolar AS.

Dilansir dari Yahoo Finance, setelah penurunan 6 persen pada hari Rabu lalu, saham Tesla sekarang dilaporkan turun 28 persen sejak Musk meluncurkan tawaran untuk membeli Twitter pada 14 April lalu. Penurunan ini menunjukkan kekayaan bersih Musk telah turun sebanyak 49 miliar dolar AS, sejak ia pertama kali mengajukan tawaran pembelian Twitter sebesar 44 miliar dolar AS.

Baca juga: Elon Musk Sebut Tweet Russiagate Hillary Clinton Hoax Kampanye Pilpres AS

Penurunan saham Tesla datang bersamaan dengan kejatuhan bursa saham global sejak awal Mei tahun ini, yang membuat kekayaan bersih orang-orang kaya di dunia merosot. Namun menurut Bloomberg Billionaires Index, Musk masih dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia, dengan kekayaannya saat ini diperkirakan mencapai 210 miliar dolar AS.

Walaupun masih menyandang gelar sebagai orang terkaya di dunia, kekayaan bersih Elon Musk telah mengalami penurunan, dari sebelumnya mencapai 340 miliar dolar AS pada November 2021. Sejak awal tahun ini, kekayaan Elon Musk telah turun sebesar 22,4 persen atau sekitar 60,4 miliar dolar AS.

Kekayaan Musk mulai turun drastis, setelah dia pertama kali membeli sebanyak 10 persen saham Twitter pada 4 April lalu. Disusul penawaran resminya untuk membeli Twitter pada 14 April lalu, saham Tesla turun 14 persen. Kemudian saat Twitter menerima tawaran pembelian Musk, saham Tesla turun 12 persen lagi.

Baca juga: Tesla akan Bangun Pabrik Baterai dan Mobil Listrik di Indonesia

Penurunan saham Tesla baru-baru ini telah menghapus sebagian besar keuntungan yang dibuat perusahaan selama pandemi Covid-19, yang kapitalisasi pasarnya naik dari 117 miliar dolar AS pada Januari 2020 lalu, menjadi 1 triliun dolar AS pada Oktober 2021.

Kekayaan orang-orang kaya di Dunia alami penurunan

Selain Musk, kekayaan bersih milik nama-nama besar lainnya seperti Jeff Bezos, pendiri Amazon yang kehilangan kekayaan bersihnya sebanyak 8,48 miliar dolar AS, dan sekarang kekayaan bersih milik pria berusia 58 tahun ini mencapai 131 miliar dolar AS. Sepanjang tahun ini, saham Amazon telah jatuh sebanyak 35 persen.

Selanjutnya, terdapat nama ketua dan kepala eksekutif merek fashion terkenal Louis Vuitton, Bernard Arnault. Dikutip dari MarketWatch, kekayaan Arnault menyusut sebesar 52 miliar dolar AS tahun ini, menjadi 126 miliar dolar AS.

Salah satu pendiri Microsoft Bill Gates juga ikut kehilangan kekayaannya. Pada Rabu lalu, kekayaan Gates turun sebanyak 2,19 miliar dolar AS, sehingga kekayaan saat ini mencapai 119 miliar dolar AS.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/23/bursa-saham-global-anjlok-harta-miliarder-elon-musk-merosot-49-miliar-dolar-as

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/23/bursa-saham-global-anjlok-harta-miliarder-elon-musk-merosot-49-miliar-dolar-as
Tokoh









Graph

Extracted

persons Bernard Arnault, Bill Gates, Elon Musk, Jeff Bezos,
companies Amazon, Bloomberg, Microsoft, Twitter, YouTube,
topics Listrik,
products dolar AS,
nations Indonesia,
cities New York,
cases covid-19,
transportations mobil listrik,
brands Louis Vuitton, Tesla,
musicclubs APRIL,