Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak 2022, Pakai 3 Cara Mudah!

  • 23 Mei 2022 12:49:39
  • Views: 9

Suara.com - Penasaran, apakah BPJS Kesehatan kamu aktif atau tidak? Tenang, ada cara cek BPJS aktif atau tidak 2022 yang dapat dilakukan.

BPJS Kesehatan telah menyediakan layanan non tatap muka yang dapat diakses secara mandiri untuk mengetahui informasi status kepesertaannya. Masyarakat dapat melalui tiga cara cek BPJS aktif atau tidak 2022 yang dijelaskan dalam artikel berikut.

Setiap peserta BPJS perlu memastikan status kepesertaan JKN-KIS BPJS Kesehatannya tetap aktif. Hal ini bertujuan supaya penjaminan atas pelayanan kesehatannya tidak diberhentikan. Berikut ini ada tiga cara mudah untuk melakukan pengecekan status kepesertaan JKN-KIS secara online tanpa harus mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan, merujuk laman resminya.

1. Cek status BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN

Baca Juga: Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan Secara Online Agar Iuran Tak Membengkak

Sebelum melakukan pengecekan status keaktifan kepesertaan JKN-KIS, kamu harus mengunduh aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu melalui Google Play Store dan App Store dan mendaftarkan diri sebagai pengguna mobile. Berikut ini adalah cara cek status keaktifan kepesertaan JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN:

  • Buka Aplikasi Mobile JKN, lalu login menggunakan NIK/nomor kartu dan password.
  • Setelah itu, masukkan captcha pada kolom telah disediakan sesuai dengan yang tertera di Aplikasi, lalu klik Login dan pilih menu peserta. 
  • Maka halaman akan menampilkan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS dan data identitas.

Selain untuk mengecek status aktif atau tidaknya, di aplikasi ini kamu juga bisa mengakses berbagai informasi mengenai kepesertaan BPJS Kesehatan.

2. Cara Cek status BPJS Kesehatan melalui layanan CHIKA (Chat Assistant JKN)

Cara cek BPJS aktif atau tidak 2022 yang selanjutnya adalah melalui Chat Assistant JKN atau Chika. Layanan bot chat ini bisa kamu akses melalui beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook Messenger, Telegram, ataupun WhatsApp. Berikut ini adalah cara cek status keaktifan kepesertaan JKN-KIS melalui CHIKA:

  • Pertama, chat CHIKA melalui Facebook Messenger di facebook/BPJSKesehatanRI/, atau Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, atau chat Whatsapp di nomor 08118750400.
  • Kemudian, pilih cek status peserta dan ketik nomor peserta/NIK, serta tanggal lahir sesuai format yang diminta.
  • Maka CHIKA akan menampilkan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS.

3. Cek status BPJS Kesehatan melalui layanan Care Center 165

Baca Juga: Punya Tunggakan Iuran? Ini Syarat Ikut Program Rehab BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Care Center 165 adalah kanal yang dapat diakses melalui telepon rumah atau telepon seluler selama 24 jam tujuh hari seminggu. Berikut ini adalah cara cek BPJS aktif atau tidak 2022 melalui layanan Care Center 165:


https://www.suara.com/news/2022/05/23/120251/cara-cek-bpjs-aktif-atau-tidak-2022-pakai-3-cara-mudah

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/05/23/120251/cara-cek-bpjs-aktif-atau-tidak-2022-pakai-3-cara-mudah
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Facebook, Google, Telegram, WhatsApp,
ministries BPJS, JKN-KIS,