Masyarakat Papua Diminta Menerima Pembahasan 3 RUU DOB

  • 23 Mei 2022 12:11:27
  • Views: 7

Jakarta: Masyarakat Papua diminta menerima pembahasan tiga rancangan undang-undang (RUU) tentang daerah otonomi baru (DOB) di Bumi Cendrawasih. Masyarakat diminta mempersiapkan diri menyambut tiga bakal beleid tersebut daripada mengikuti aksi demostrasi penolakan.
 
Saya mengharapakan seluruh eleman masyarakat Papua, elite-elite politik Papua yang ada di Papua maupun di luar Papua agar bersama menyukseskan pembentukan DOB untuk kemakmuran dan masa depan masyarakat Papua, kata anggota DPR dari daerah pemilihan Papua, Yan Permenas Mandenas, melalui keterangan tertulis, Senin, 23 Mei 2022.
 
Anggota Fraksi Gerindra itu menilai pembahasan tiga RUU DOB merupakan bentuk perhatian lebih pemerintah pusat ke Papua. Pemerintah juga telah memberikan perhatian khusus kepada Papua melalui otonomi khusus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggota Komisi I itu meminta masyarakat Papua harus melihat pemekaran pemerintah provinsi melalui prespektif ekonomi, bukan politik. Pasalnya, manfaat dari pemekaran di Papua, antara lain pemerataan pembangunan, peningkatan kesejahteraan, mempercepat pembangunan infrastruktur, dan lain sebagainya.
 
Akibat dari prespektif politik akan tetap menjadi konsusmi politik semata, sehingga menjadi pro dan kontra dengan berbagai aksi demostrasi oleh kelompok-kelompok tertentu saat ini, ungkap dia.
 
Baca: DPR Timbang Gandeng MRP Bahas RUU DOB Papua
 
Wakil Ketua Pansus revisi UU Otsus Papua tersebut menyampaikan DPR telah menerima surat presiden (Surpres) dari pemerintah terkait pembahasan tiga RUU DOB Papua. Pemerintah juga sudah menyerahkan daftar inventaris masalah (DIM) kepada legislatif.
 
Beberapa menteri yang telah diutus seperti Menteri Dalam Negeri, Menteri Bappenas, Menteri PAN-RB, dan Menteri Keuangan yang akan turut serta membahas bersama DPR, ujar dia.
 

(AZF)


https://www.medcom.id/nasional/politik/Wb7XZGrk-masyarakat-papua-diminta-menerima-pembahasan-3-ruu-dob

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/politik/Wb7XZGrk-masyarakat-papua-diminta-menerima-pembahasan-3-ruu-dob
Tokoh



Graph

Extracted

persons Yan Permenas Mandenas,
companies ADA,
ministries Bappenas, DPR RI, Fraksi Gerindra,
parties Gerindra, PAN,
topics UU Otsus,
places DKI Jakarta, PAPUA,