Cak Imin Merapat KIB Jika Jadi Capres, PPP: Gabung Dulu Kalau Mau Diusung

  • 23 Mei 2022 11:24:30
  • Views: 9

Jakarta -

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut PKB siap bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan syarat dirinya diusung menjadi calon presiden (capres) 2024. Merespons hal itu, PPP menegaskan KIB belum membahas terkait capres dan cawapres.

PPP menilai sebaiknya PKB bergabung terlebih dahulu dengan Koalisi Indonesia Bersatu sebelum membahas pencapresan. Tidak menutup kemungkinan Cak Imin akan diusung sebagai capres 2024.

Kita yang bertiga, Golkar, PAN dan PPP itu belum membahas capres dan cawapres. Ya kalau mau diusung oleh koalisi partai ini ya silahkan gabung dulu, kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

Barangkali ada kesamaan pandangan dari pimpinan partai ini untuk mengusung saudara Cak Imin, tuturnya.

Menurut Awiek, akan menjadi sulit jika PKB memberikan syarat pengusuan capres, tetapi belum bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu. Oleh karena itu, dia mempersilahkan PKB untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu.

Ya kalau bergabung saja sudah minta syarat macam-macam ya memang susah. Tidak menutup kemungkinan Cak Imin juga bisa diusung sebagai capres dari koalisi ini asalkan bergabung dulu dan diskusikan, jelas Awiek.

Karena kita koalisi ini tanpa syarat belum membicarakan capres cawapres. Baru membentuk koalisinya, sambungnya.

Lebih lanjut, Awiek mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu terbuka dengan siapapun yang ingin menjadi capres atau cawapres 2024. Namun, harus ada kesepahaman bersama dari tiap partai di koalisi tersebut.

Kita terbuka dengan siapapun menjadi capres cawapres mau kalangan parpol maupun non parpol, tetapi kesepahaman bersama harus tercapai terlebih dahulu. Belum bicara figur siapa dan siapanya, ujar Awiek.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.


https://news.detik.com/berita/d-6090747/cak-imin-merapat-kib-jika-jadi-capres-ppp-gabung-dulu-kalau-mau-diusung

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6090747/cak-imin-merapat-kib-jika-jadi-capres-ppp-gabung-dulu-kalau-mau-diusung
Tokoh





Graph

Extracted

persons Abdul Muhaimin Iskandar, Achmad Baidowi,
companies ADA,
parties Golkar, PAN, PKB, PPP,
topics Capres 2024,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,