Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi

  • 23 Mei 2022 11:05:21
  • Views: 14

TEMPO.CO, Jakarta - Makanan memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan kapasitas penuh. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan berbagai gangguan tubuh.

Nutrisi dan mineral yang berbeda menyediakan dan memperbaiki fungsi berbeda dalam tubuh. Kekurangan zat gizi dan mineral tersebut dapat menimbulkan berbagai efek bagi tubuh. Berikut berbagai indikasi yang ditunjukkan tubuh saat mengalami kekurangan nutrisi yang berbeda, dilansir dari NDTV.

Vitamin D
Ada berbagai cara tubuh mungkin menunjukkan kekurangan vitamin D. Merasa tak berenergi dan kelelahan juga merupakan tanda-tanda kurang vitamin D. Vitamin D berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan nyeri pada tulang serta otot. Anda dapat menambahkan produk susu, jeruk, dan ikan berlemak untuk meningkatkan asupan vitamin D.

Vitamin B12
Vitamin B12 membantu produksi sel darah merah dalam DNA, juga telah terbukti meningkatkan fungsi neurotransmiter. Kekurangan vitamin B dalam tubuh dapat menyebabkan lelah, lemah, anemia, kehilangan memori, lidah bengkak, bahkan dapat membuat kemampuan berpikir kabur. Kekurangan vitamin B12 mungkin umum terjadi pada kaum vegan dan vegetarian karena produk susu, unggas, daging merah, makanan laut, dan daging organ adalah sumber utama vitamin B12.

Magnesium
Magnesium adalah mineral lain yang membantu tulang menjaga kesehatan dan juga meningkatkan produksi energi. Kekurangan magnesium yang cukup dalam makanan dapat menyebabkan mual, muntah, kurang nafsu makan, lesu, lemas, dan sebagainya.

Kalium
Kalium adalah mineral penting lain yang dibutuhkan untuk berbagai fungsi tubuh. Beberapa di antaranya adalah fungsi jantung, kontraksi otot, dan masih banyak lagi, juga membantu menjaga tekanan darah. Beberapa gejala kalium rendah dalam tubuh adalah sembelit, lemah otot, kram, mati rasa, jantung berdebar.

Folat
Folat juga dikenal sebagai asam folat, sangat penting bagi orang hamil. Folat membantu pertumbuhan bayi dan mengurangi risiko kelainan apapun. Beberapa gejala kekurangan folat dalam tubuh adalah lekas marah, diare, kelelahan. Beberapa makanan kaya folat adalah kacang-kacangan, biji-bijian, kacang tanah, sayuran silangan, telur, dan sebagainya. Namun, dalam kasus wanita hamil, mengonsumsi suplemen mungkin dianjurkan oleh dokter.

Kalsium
Seperti yang mungkin sudah diketahui, kalsium secara signifikan membantu menjaga tulang dan otot yang kuat, juga membantu tubuh melakukan fungsi saraf. Beberapa gejala defisiensi kalsium yang paling umum adalah ketidakteraturan irama jantung, mati rasa atau kesemutan pada jari. Produk susu dan sayuran silangan merupakan sumber kalsium yang baik.

Zat besi
Zat besi sangat bermanfaat bagi tubuh dan merupakan salah satu mineral yang paling bermanfaat. Zat besi membantu produksi sel darah merah, produksi protein dalam sel darah merah, memberikan oksigen ke otot, produksi hormon dalam tubuh, dan sebagainya. Kekurangan zat besi dapat diidentifikasi dengan gejala seperti kelelahan, sakit kepala, kulit mudah mengelupas, kaki dan tangan dingin, kuku rapuh, sesak napas, detak jantung lebih cepat. Sayuran silangan merupakan sumber zat besi yang baik.

Baca juga: Aneka Makanan Nabati Sumber Protein


https://gaya.tempo.co/read/1594212/tanda-tubuh-kekurangan-nutrisi

Sumber: https://gaya.tempo.co/read/1594212/tanda-tubuh-kekurangan-nutrisi
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
products daging, protein, vitamin,
places DKI Jakarta,