Meski Sepele, Jangan Posting Hal Ini di Media Sosial karena Bisa Disalahgunakan Hacker

  • 23 Mei 2022 09:11:34
  • Views: 4

Liputan6.com, Jakarta - Mengunggah atau posting di Facebook, Instagram, dan Twitter memang tampak tidak berbahaya. Akan tetapi, jika kamu memberikan terlalu banyak informasi bisa membuat akun media sosial kamu gampang diretas hacker.

Postingan paling sepele pun dapat digunakan hacker untuk menyerang kamu. Ahli keamanan Javvad Malik mendesak pengguna aplikasi media sosial untuk sangat berhati-hati saat menggunakannya.

Setiap informasi yang diposting secara publik dapat digunakan oleh penjahat, kata Javvad kepada The Sun, dikutip Minggu (22/5/2022).

Bahkan nformasi yang tampaknya sepele dapat 'disatukan' penjahat siber untuk membangun gambaran yang lebih baik tentang korban, sambungnya.

Misalnya, memposting tentang apa yang kamu lakukan, di mana kamu berada, tentang keluarga, atau riwayat kamu di Facebook, Instagram, atau Twitter dapat membuat kamu terekspos.

Secara umum, informasi paling berbahaya yang bisa kamu keluarkan adalah terkait dengan pertanyaan pengaturan ulang kata sandi, kata Javvad.

Jadi hal-hal seperti nama ibu, sekolah, nama jalan, dan lainnya jangan diposting. Juga penting untuk menyadari bahwa informasi yang diposting seseorang mungkin akan membuat orang-orang yang ada di sekitarnya menjadi rentan, ucapnya memberikan saran.

Javvad menyebut orangtua yang memposting informasi berlebihan tentang anak-anak mereka dapat digunakan hacker untuk melawan anak-anak mereka dan bertentangan dengan orangtua.

Intinya, orang harus berhati-hati dengan informasi yang mereka posting tentang hal seperti tempat kerja dan lain sebagainya, ujarnya menjelaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Aksi seorang seleb TikTok Pakistan bakar hutan demi konten, viral di media sosial


https://www.liputan6.com/tekno/read/4967132/meski-sepele-jangan-posting-hal-ini-di-media-sosial-karena-bisa-disalahgunakan-hacker

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4967132/meski-sepele-jangan-posting-hal-ini-di-media-sosial-karena-bisa-disalahgunakan-hacker
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, WhatsApp,
nations Pakistan,
places DKI Jakarta,