Jelang Borobudur Marathon 2022, Gubernur Ganjar: Pacu Kebangkitan Ekonomi Jateng

  • 23 Mei 2022 09:07:23
  • Views: 6

IDXChannel - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah sedang bersiap menggelar ajang Borobudur Marathon, di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, pada 12-13 November 2022 mendatang. Selain menjadi sarana kaderisasi atlet lari jarak jauh tingkat lokal maupun nasional, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah di Jawa Tengah pasca pandemi COVID-19.

Tentu ini merupakan event yang ditunggu-tunggu. Menjadi upaya bersama untuk tidak hanya menyehatkan raga, tapi juga menyehatkan kembali sektor ekonomi, sosial, termasuk interaksi sosial pelari dengan masyarakat, ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam keterangan resminya, di Semarang, Minggu (22/5/2022).

Borobudur Marathon tahun ini mengusung tema Stronger to Victory, yang merupakan kelanjutan tema penyelenggaraan sebelumnya, yaitu Symphony of Energy. Kegiatan yang sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi ini ditargetkan bisa diikuti oleh sedikitnya 5.000 orang peserta.

Mudah-mudahan nanti peserta yang dulu ingin ikut dan belum dapat (kali ini bisa ikut serta. Kuota penyelenggaraan kali ini kita tambah. Mudah-mudahan target 5.000 peserta bisa tercapai, tutur Ganjar.

Ajang Borobudur Marathon ini, menurut Ganjar, merupakan salah satu wujud sport tourism yang bisa diandalkan untuk dapat mendorong sektor pariwisata untuk kembali pulih usai tertekan akibat pandemi. Nantinya pihak Pemprov Jateng disebut Ganjar juga bakal menggandeng para pelaku USaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari sekitar kawasan wisata Candi Borobudur.

Kita dorong terus sport tourism ini. Partisipasi masyarakat, termasuk juga sektor UMKM, juga akan terlibat, sehingga dapat mendorong peningkatan dan mengembangkan perekonomian kita, tegas Ganjar. (TSA)


https://www.idxchannel.com/economics/jelang-borobudur-marathon-2022-gubernur-ganjar-pacu-kebangkitan-ekonomi-jateng

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/jelang-borobudur-marathon-2022-gubernur-ganjar-pacu-kebangkitan-ekonomi-jateng
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo,
companies MNC,
fasums Borobudur,
products UMKM,
places JAWA TENGAH,
cities Magelang, Semarang,
cases covid-19,